Page 518 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 518
Padmo, Sistem )aminan KualitJs pad a ....
3. Penggunaan Media dan Teknologi
Sebagai akibat dari keterpisahan pengajar dan peserta didik,
peranan media dan teknologi dalam SPJJ menjadi sangat
penting dan berarti. Proses pembelajaran hanya akan dapat
terjadi, apabila materi ajar yang ingin ditransfer oleh pengajar
kepada peserta didik dituangkan dalam sebuah media yang
dapat berupa media cetak, media noncetak, media elektronik
dan lain-lain. Penggunaan media pada satu lembaga
dengan lembaga penyelenggara SPJJ sangat bervariasi. Hal
ini tercermin dari banyaknya ragam media yang digunakan.
Walaupun terdapat perbedaan penggunaan media, pada
dasarnya media cetak masih dominan digunakan, batk di
negara maju maupun di negara berkembang. Pada dasarnya
penggunaan media dalam sebuah lembaga penyelenggara
SPJJ harus mempertimbangkan aksesibilitas peserta didik
untuk menggunakannya.
4. Komunikasi Dua Arah
Jarak yang memisahkan pengaJar dengan peserta didik dalam
SPJJ dapat diatasi dengan penyediaan komunikasi dua arah.
Keegan (1991) menyatakan bahwa lembaga penyelenggara
sistem pembelajaran perlu menyadari, bahwa sangat penting
bagi peserta didik untuk mempunyai kesempatan untuk
berhubungan dengan institusi melalui komunikasi dua arah.
Penerapan karakteristik ini juga memiliki bobot penerapan
yang berbeda antara satu dengan instansi lain penyelenggara
SPJJ adalah penyediaan komunikasi dua arah. Sarana
untuk pengadaan komunikasi dua arah dalam SPJJ
merupakan hal yang tidak murah, misalnya telepon,
konferensi tele (audio, video ataupun komputer).
514