Page 517 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 517

PENDIDIKAN TINGGI  ]ARAK l.AUH



              yang   berbeda.   Moore  (1996)   mengemukakan  bahv<a
              keterpisahan  antara  pengajar  dan  peserta  didik  tidak  hc::ny1
              dilihat dari  dimensi  jarak  geografis,  tetapi  juga  meliputi  jara;,
              psikologis  yang  muncul  sebagai  akibat  keterpisahan  antara
              pengajar  dan  peserta  didik.  Adanya  dimensi Jarak  transaksi
              ini  menurut  Moore  harus  diatasi  dengan  mendesain
              penyampaian  materi  belajar dengan  memanfaatkan  berbagai
              media untuk mengurangi jarak transaksi yang ada.


           2.  Peranan Organisasi Pendidikan

              Sesuai  dengan  karakteristiknya  yang  utama  yaitu  adanya
              keterpisahan antara pengajar dan peserta didik,  pembelajaran
              jarak jauh kerap kali  dirancukan dengan istilah belajar sendiri
              Namun,  konsep  belajar  sendiri  sering  dikaburkan  dengan
              peserta  didik  belajar  sendiri  di  rumah.  Belajar  sendiri  dengan
              pembelajaran  jarak  jauh  memiliki  pengertian  yang  berbeda.
              Siapa  pun  dengan  keinginan  yang  muncul  dari  dirinya  dapat
              belajar  sendiri,  belajar dari  lingkungan,  pengalaman,  televisi,
              radio,  surat  kabar,  dan  sumber-sumber  lain  yang  memung-
              kinkan  kita  mempelajari  sesuatu,  tanpa  disertai  tujuan  yang
              khusus.  Pada  SPJJ,  peserta  didik  memperoleh  bahan  ajar
              yang  telah  disiapkan  dan  didesain  khusus  oleh  lembaganya,
              dan  memiliki tujuan  pembelajaran yang terkait pada kurikulum
              tertentu   Di  sinilah  letak  perbedaan  antara  belajar  sendiri
              dengan SPJJ.  Peranan  lembaga  penyelenggara pembelajar-
              an jarak jauh adalah  untuk mengorganisasikan proses belajar
              peserta didik.










                                                                   513
   512   513   514   515   516   517   518   519   520   521   522