Page 517 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 517
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK l.AUH
yang berbeda. Moore (1996) mengemukakan bahv<a
keterpisahan antara pengajar dan peserta didik tidak hc::ny1
dilihat dari dimensi jarak geografis, tetapi juga meliputi jara;,
psikologis yang muncul sebagai akibat keterpisahan antara
pengajar dan peserta didik. Adanya dimensi Jarak transaksi
ini menurut Moore harus diatasi dengan mendesain
penyampaian materi belajar dengan memanfaatkan berbagai
media untuk mengurangi jarak transaksi yang ada.
2. Peranan Organisasi Pendidikan
Sesuai dengan karakteristiknya yang utama yaitu adanya
keterpisahan antara pengajar dan peserta didik, pembelajaran
jarak jauh kerap kali dirancukan dengan istilah belajar sendiri
Namun, konsep belajar sendiri sering dikaburkan dengan
peserta didik belajar sendiri di rumah. Belajar sendiri dengan
pembelajaran jarak jauh memiliki pengertian yang berbeda.
Siapa pun dengan keinginan yang muncul dari dirinya dapat
belajar sendiri, belajar dari lingkungan, pengalaman, televisi,
radio, surat kabar, dan sumber-sumber lain yang memung-
kinkan kita mempelajari sesuatu, tanpa disertai tujuan yang
khusus. Pada SPJJ, peserta didik memperoleh bahan ajar
yang telah disiapkan dan didesain khusus oleh lembaganya,
dan memiliki tujuan pembelajaran yang terkait pada kurikulum
tertentu Di sinilah letak perbedaan antara belajar sendiri
dengan SPJJ. Peranan lembaga penyelenggara pembelajar-
an jarak jauh adalah untuk mengorganisasikan proses belajar
peserta didik.
513