Page 196 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 196

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



         dibandingkan  mahasiswa  tahun  pertama.  Temuan  tersebut
         menunjukkan potensi  PJJ  dalam membentuk kemandirian belajar.
         Semakin  lama  seseorang  belajar  pada  PJJ,  maka  semakin
         berkembang pula kemampuan belajar mandiri dari orang tersebut.
                Namun  di  sisi  lain,  hasil  penelitian  yang  membandingkan
         kesiapan  belajar  mandiri  antara  mahasiswa  tatap  muka  dengan
         mahasiswa  PJJ  menunjukkan  bahwa  baik mahasiswa  pendidikan
         tatap  muka  maupun  mahasiswa  PJJ  di  Indonesia  memiliki
         kesiapan belajar mandiri  termasuk rata-rata (Andriani dkk,  2003).
         Pada  penelitian  Andriani  dan  kawan-kawan  (2003),  mahasiswa
         PJJ  di  Indonesia  diwakili  oleh  mahasiswa  dari  Universitas
         Terbuka  (UT),  yang  merupakan  universitas  penyelenggara  PJJ
         yang  terbesar  di  Indonesia.  Sedangkan  mahasiswa  tatap  muka
         diwakili  oleh  perguruan  tinggi  tatap  muka  yaitu  Ul  (Depok),  IPB
         (Bogor),   ITB  (Bandung),   UGM  (Yogyakarta)  dan  UNILA
         (Lampung).  Hasil  penelitian  Andriani  dan  kawan-kawan  (2003)
         tersebut  menunjukkan  bahwa  kondisi  lingkungan  PJJ  ternyata
         tidak  membuat  mahasiswa  PJJ  memiliki  kemandirian  dalam
         belajar  yang  lebih  baik  dibandingkan  dengan  mahasiswa  tatap
         muka.
                Jika   hasil   penelitian   Andriani   dan   kawan-kawan
         dihubungkan  dengan  hasil  penelitian  Darmayanti,  maka  dapat
         dijelaskan  bahwa  semakin  lama  mahasiswa  mengikuti  PJJ,  akan
         semakin  meningkat  kemandiriannya  dalam  belajar.  Namun  jika
         dibandingkan dengan mahasiswa tatap muka,  kemandirian belajar
         mahasiswa  PJJ  tidak  berbeda  dengan  kemandirian  belajar
         mahasiswa pendidikan tatap muka.  Kondisi ini perlu dicermati dan
         menjadi catatan tersendiri bagi penyelenggara PJJ.
                Potensi  sistem  PJJ  dalam  meningkatkan  kemandirian
         mahasiswanya  dalam  belajar  kemungkinan  perlu  memperhatikan
         pola  perilaku  belajar  mahasiswanya  yang  telah  terbentuk
         sebelumnya,  yaitu  siswa  cenderung  tergantung  pada  pengajar.



                                                                  185
   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201