Page 191 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 191

Dannayanti,  Islam,  Asandhimitra,  Kemandirian  Belajar ....



                  Jika  dihubungkan  dengan  contoh  berenang  di  air,  maka
          orang  yang  kurang  memiliki  kemandirian  dalam  belajar  bisa
          dianalogikan  dengan  orang  yang  tidak  bisa  berenang  kemudian
          dimasukkan  dalam  air.  Orang  tersebut  berusaha  untuk  tidak
          tenggelam  dan  menggerakkan  tangan  kakinya.  Dengan  usaha
          tersebut  ada  dua  kemungkinan  yang  dapat  terjadi,  yaitu  orang
          tersebut  menjadi  dapat  berenang  dan  tidak  tenggelam,
          sedangkan  kemungkinan  lain  adalah  orang  tersebut  tidak  dapat
          bertahan  dan  tenggelam.  Kemungkinan  pertama  menunjukkan
          bagaimana  orang  yang  tadinya  kurang  mampu  belajar  mandiri
          menjadi mampu  belajar mandiri  setelah  beberapa  lama  mengikuti
          PJJ.  Kemungkinan  kedua  menunjukkan  bagaimana  seseorang
          menyerah dan memilih tenggelam atau putus sekolah dari PJJ.
                  Pendapat  kelompok  yang  ketiga  menyatakan  bahwa
          kemandirian  bersifat  multidimensional  (Candy,  1991)  dan  dapat
          dikembangkan  melalui  berbagai  cara.   Sifat  kemandirian  yang
          multidimensional mempunyai  arti  bahwa  kemandirian  dipengaruhi
          oleh  banyak  hal  dan  aspek  yang  berbeda.  Seseorang  yang
          mampu mandiri dalam bekerja belum tentu  mampu mandiri dalam
          belajar.  Dilihat  dari  dimensi  belajar  mandiri  yang  dikemukakan
          oleh  Candy  pada  awal  tulisan  ini,  maka  orang  dewasa  mungkin
          memiliki  dimensi  otonomi  pribadi  yang  kuat.  Namun,  ada
          kemungkinan  dimensi  lainnya  lemah,  sehingga  kemampuan
          belajar mandirinya belum tentu tinggi.  Sebagai contoh,  ia mungkin
          tidak  memiliki  dimensi  kebutuhan  untuk  belajar  atau  dimensi
          manajemen  diri.  lni  berarti  orang  tersebut  merasa  tidak  perlu
          belajar  dan  tidak  mampu  mengelola  diri  untuk  belajar pada  PJJ.
          Pendapat  kelompok  ketiga  ini  menjelaskan  mengapa  pada  PJJ
          ada  mahasiswa  yang  mampu  mandiri  dalam  belajar;  di  sisi  lain,
          banyak  mahasiswa  dewasa  lainnya  yang  tidak  mampu  mandiri
          dalam  belajar  sehingga  memutuskan  putus  sekolah.  Penjelasan





           180
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196