Page 189 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 189

Darmayanti,  Islam,  Asandhimitra,  Kemandirian  Belajar ....



          hasil  penelitian  tersebut  mendukung  pernyataan  kelompok
          pertama  bahwa  kemandirian  orang  dewasa  ditunjukkan  pula
          dengan  adanya  kemandirian  dalam  belajar,  walaupun  berada
          pada tingkat rata-rata ke bawah.
                 Kemandirian  orang  dewasa  merupakan  potensi  untuk
          mampu  mandiri  dalam  belajar  pada  PJJ.  Hasil  penelitian
          Sukirman (1997) menunjukkan bahwa ada  hubungan yang  positif
          antara  kemandirian  dengan  prestasi  belajar  pada  mahasiswa
          pendidikan tatap muka.  Hasil penelitian dari Puspitasari dan  Islam
          (2002)  menemukan  bahwa  mahasiswa  PJJ  dari  kelompok  usia
          yang  berbeda secara statistik mempunyai tingkat kesiapan  belajar
          mandiri yang  berbeda.  Pada  penelitian  mereka ditemukan  bahwa
          mahasiswa  yang  berusia  di  atas  55  tahun  mempunyai  tingkat
          kesiapan  belajar  mandiri  yang  paling  tinggi  (di  atas  tingkat
          kesiapan belajar mandiri rata-rata).  lni berarti faktor usia berperan
          terhadap  kesiapan  belajar  mandiri  seseorang.  Semakin  tinggi
          usianya,  maka  semakin  tinggi  pula  kemungkinan  tingkat
          kemandirian  dalam  belajarnya.  Hasil  penelitian  Sukirman  (1997},
          Puspitasari  dan  Islam  (2002)  memperkuat asumsi  bahwa  potensi
          kemandirian  orang  dewasa  yang     bersifat  unidimensional
          berperan  terhadap  proses  belajarnya  sehingga  menghasilkan
          prestasi belajar yang baik.
                 Kelompok yang  kedua  beranggapan bahwa pembentukan
          kemandirian  dalam  belajar  tergantung  pada  kesempatan  yang
          diberikan  oleh  lingkungan  terhadap  seseorang.  Menurut  Dittman
          (dalam  Candy,  1991).  seseorang  tidak  pernah  dapat  menjadi
          mandiri  walaupun  ia  diajarkan  tentang  konsep  kemandirian
          berkali-kali  jika  ia  tidak  diberi  kesempatan  untuk  mandiri  di
          lingkungannya.  lni  berarti,  lingkungan  berperan  dalam  memberi
          kesempatan  kepada  seseorang  untuk  belajar bertanggung jawab
          dan  mandiri  melalui  pengalaman.  Contoh  sederhana  yang
          menjelaskan  tentang  pendapat  tersebut  adalah  sebagai  berikut.



          178
   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194