Page 186 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 186

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



       mandiri  (Herman,  1982;  Long,  1989),  sedangkan  Cunningham
       (dalam Pannen,  1999) mempergunakan istilah be/ajar mengelola.
              Berbagai  ahli  mencoba  untuk  mendefinisikan  belajar
       mandiri.  Berikut ini definisi belajar mandiri dari para ahli:
       1.  Menurut Knowles (1975),  belajar mandiri adalah suatu  proses
          bagi  seseorang  untuk  mengambil  inisiatif,  baik  dengan  atau
          tanpa  bantuan  orang  lain,  dalam  melakukan  diagnosa
          kebutuhan-kebutuhan  belajar  mereka,  merumuskan  tujuan-
          tujuan  belajar,  mengidentifikasi  sumber-sumber  belajar,
          memilih  dan  melaksanakan  strategi  belajar yang  sesuai,  dan
          mengevaluasi hasil belajar mereka sendiri.
       2.  Menurut  Hiemstra  (1998),  belajar  mandiri  dilihat  sebagai
          semua  bentuk  belajar  individu  yang  memiliki  tanggungjawab
          utama  untuk  merencanakan,  melaksanakan,  dan  meng-
          evaluasi usahanya.
       3.  Menurut  Clardy  (1999),  belajar  mandiri  merupakan  suatu
          proses  bagi  mahasiswa  untuk  dapat  memutuskan  atau
          mengontrol langkah, arah,  dan keadaan belajarnya.

              Baik  definisi  yang  dikemukakan  oleh  Knowles,  Hiemstra
       maupun Clardy menunjukkan kata kunci dari belajar mandiri, yaitu
       adanya  "inisiatif'  dan  "otonomi"  dari  seseorang  untuk  mengelola
       belajarnya,  atau  yang  dijelaskan  oleh  Hiemstra  (1998)  sebagai
       sikap  "proaktif'  dalam  mengelola  belajarnya.  Kondisi  tersebut
      jelas  berbeda  dengan  kondisi  be/ajar  dengan  bimbingan  guru
       dimana  siswa  lebih  bersikap  reaktif  dalam  proses  belajar  yang
       diarahkan oleh guru.
              Penjelasan  mengenai  konsep  belajar  mandiri  akan  lebih
      dapat dipahami  dengan  mengetahui  dimensi-dimensi  dari  belajar
       mandiri.  Menurut  Candy  (1991),  ada  empat  dimensi  dari  belajar
       mandiri,  yaitu  a)  otonomi  pribadi,  b)  manajemen  diri;  c)  meraih
       kebebasan  untuk  be/ajar,  d)  penguasaan  pebelajar  terhadap



                                                               175
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191