Page 188 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 188
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
pebe/ajar, adalah bahwa porsi dari siswa adalah memutuskan
tujuan belajar, memilih metode dan materi belajar, dan
mengevaluasi prestasi yang dicapai (Della-Dora & Blanchard,
dalam Candy, 1991).
B. Pendapat tentang Pembentukan Kemandirian
dalam Belajar
Ada berbagai pendapat tentang pembentukan
kemandirian dalam belajar pada orang dewasa. Pendapat-
pendapat tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok.
Kelompok pertama adalah mereka yang berpendapat bahwa
kemandirian bersifat "unidimensional" (Candy, 1991 ). Menurut
kelompok ini, kemandirian terbentuk melalui proses normal sesuai
dengan perkembangan umur. Pada periode perkembangan umur
tertentu yaitu perkembangan umur manusia dewasa, seseorang
dianggap mampu mandiri dalam kehidupan sehari-hari atau
dalam bekerja. lni berarti ia juga mampu mandiri dalam berbagai
hal termasuk mandiri dalam belajar. Pendapat ini muncul karena
orang dewasa dianggap sebagai orang yang mandiri dan tidak
tergantung lagi kepada pihak lain. Kemandirian menjadi ciri orang
dewasa yang membedakan orang dewasa dengan anak-anak dan
remaja yang masih tergantung pada orang tua mereka. Karena
inilah, orang dewasa dianggap mempunyai kemampuan mandiri
dalam belajar.
Hasil penelitian Puspitasari dan Islam (2002), Andriani
dkk (2003), Darmayanti (1993), Islam (2000) menunjukkan bahwa
mahasiswa PJJ di Universitas Terbuka (UT), sebagai lembaga
PJJ terbesar di Indonesia, ternyata memiliki kesiapan belajar
mandiri rata-rata atau termasuk cukup. Sedangkan hasil
penelitian Kadarko (2000) menemukan bahwa mahasiswa PJJ
memiliki kemampuan belajar mandiri di bawah rata-rata. Hasil-
177