Page 188 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 188

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH


           pebe/ajar,  adalah bahwa porsi dari siswa adalah memutuskan
           tujuan  belajar,  memilih  metode  dan  materi  belajar,  dan
           mengevaluasi prestasi yang  dicapai (Della-Dora & Blanchard,
           dalam Candy,  1991).


       B.  Pendapat tentang Pembentukan Kemandirian
           dalam Belajar
              Ada    berbagai    pendapat   tentang   pembentukan
       kemandirian  dalam  belajar  pada  orang  dewasa.  Pendapat-
       pendapat  tersebut  dapat  dikelompokkan  menjadi  tiga  kelompok.
       Kelompok  pertama  adalah  mereka  yang  berpendapat  bahwa
       kemandirian  bersifat  "unidimensional"  (Candy,  1991 ).  Menurut
       kelompok ini,  kemandirian terbentuk melalui proses normal sesuai
       dengan  perkembangan  umur.  Pada  periode  perkembangan  umur
       tertentu  yaitu  perkembangan  umur manusia  dewasa,  seseorang
       dianggap  mampu  mandiri  dalam  kehidupan  sehari-hari  atau
       dalam  bekerja.  lni berarti  ia juga  mampu  mandiri dalam berbagai
       hal  termasuk  mandiri  dalam  belajar.  Pendapat ini  muncul  karena
       orang  dewasa  dianggap  sebagai  orang  yang  mandiri  dan  tidak
       tergantung  lagi  kepada  pihak lain.  Kemandirian  menjadi ciri orang
       dewasa yang membedakan orang dewasa dengan anak-anak dan
       remaja  yang  masih  tergantung  pada  orang  tua  mereka.  Karena
       inilah,  orang  dewasa  dianggap  mempunyai  kemampuan  mandiri
       dalam belajar.
              Hasil  penelitian  Puspitasari  dan  Islam  (2002),  Andriani
       dkk (2003),  Darmayanti (1993),  Islam (2000) menunjukkan bahwa
       mahasiswa  PJJ  di  Universitas  Terbuka  (UT),  sebagai  lembaga
       PJJ  terbesar  di  Indonesia,  ternyata  memiliki  kesiapan  belajar
       mandiri  rata-rata  atau  termasuk  cukup.  Sedangkan  hasil
       penelitian  Kadarko  (2000)  menemukan  bahwa  mahasiswa  PJJ
       memiliki  kemampuan  belajar  mandiri  di  bawah  rata-rata.  Hasil-



                                                                177
   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193