Page 187 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 187

Dannayanti,  Islam,  Asandhimitra,  Kemandirian Belajar ....



          pembelajaran.   Penjelasan   masing-masing   dimensi   adalah
          sebagai berikut.
          a.  Otonomi  pribadi.  Dimensi  ini  menunjukkan  karakteristik
              individual  dari  orang  yang  mampu  belajar  mandiri.  Orang
              yang  memiliki  kemandirian  adalah  orang  bebas  dari  tekanan
              internal maupun eksternal;  memiliki sekumpulan nilai-nilai dan
              kepercayaan  pribadi  yang  memberikan  konsistensi  dalam
              kehidupannya.  lni  berarti  ia  mampu  untuk  membuat  rencana
              atau   tujuan   hidup,   bebas   dalam   membuat   pilihan,
              menggunakan  kapasitas  dirinya  untuk  refleksi  yang  rasional,
              mempunyai  kekuatan  kemauan,  mampu  untuk  self-restraint
              dan  disiplin  diri,  dan  melihat  dirinya  sendiri  sebagai  orang
              yang mandiri.
          b.  Manajemen  diri.  Dimensi  ini  menjelaskan  adanya  kemauan
              dan  kapasitas  dalam  diri  seseorang  untuk  mengelola  dirinya.
              Kapasitas  tersebut  ditunjukkan  dengan  adanya  keterampilan
              atau kompetensi dalam diri orang yang mandiri.
          c.   Meraih  kebebasan  untuk  be/ajar.  Dimensi  1ni  menjelaskan
              tentang  adanya  kebutuhan  individu  untuk  memperoleh
              kesempatan  belajar.  Dimensi  ini  menjelaskan  bahwa  orang
              dewasa  memiliki  kebutuhan  untuk  meningkatkan  diri  melalui
              belajar  berbagai  hal  dalam  kehidupan.  Kebutuhan  belajar
              dapat  merupakan  kebutuhan  belajar  informal,  nonformal
              maupun kebutuhan belajar secara formal.
          d   Penguasaan  pebelajar  terhadap  pembelajaran.  Dimensi  ini
              dihubungkan dengan  peran  siswa  pada  situasi  belajar formal
              yang  melibatkan  cara  mengorganisasi  tujuan  instruksional.
              Penjelasan  dimensi  ini  dihubungkan  dengan  pengawasan
              guru  mengenai  hal-hal  yang  dianggap  menjadi  porsi  dari
             pengawasan  guru  yaitu  tujuan  belajar,  materi  belajar,
              kecepatan  belajar,  langkah-langkah  belajar,  metodologi,  dan
              evaluasi  belajar.  Salah  satu  pendapat  tentang  pengawasan


          176
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192