Page 187 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 187
Dannayanti, Islam, Asandhimitra, Kemandirian Belajar ....
pembelajaran. Penjelasan masing-masing dimensi adalah
sebagai berikut.
a. Otonomi pribadi. Dimensi ini menunjukkan karakteristik
individual dari orang yang mampu belajar mandiri. Orang
yang memiliki kemandirian adalah orang bebas dari tekanan
internal maupun eksternal; memiliki sekumpulan nilai-nilai dan
kepercayaan pribadi yang memberikan konsistensi dalam
kehidupannya. lni berarti ia mampu untuk membuat rencana
atau tujuan hidup, bebas dalam membuat pilihan,
menggunakan kapasitas dirinya untuk refleksi yang rasional,
mempunyai kekuatan kemauan, mampu untuk self-restraint
dan disiplin diri, dan melihat dirinya sendiri sebagai orang
yang mandiri.
b. Manajemen diri. Dimensi ini menjelaskan adanya kemauan
dan kapasitas dalam diri seseorang untuk mengelola dirinya.
Kapasitas tersebut ditunjukkan dengan adanya keterampilan
atau kompetensi dalam diri orang yang mandiri.
c. Meraih kebebasan untuk be/ajar. Dimensi 1ni menjelaskan
tentang adanya kebutuhan individu untuk memperoleh
kesempatan belajar. Dimensi ini menjelaskan bahwa orang
dewasa memiliki kebutuhan untuk meningkatkan diri melalui
belajar berbagai hal dalam kehidupan. Kebutuhan belajar
dapat merupakan kebutuhan belajar informal, nonformal
maupun kebutuhan belajar secara formal.
d Penguasaan pebelajar terhadap pembelajaran. Dimensi ini
dihubungkan dengan peran siswa pada situasi belajar formal
yang melibatkan cara mengorganisasi tujuan instruksional.
Penjelasan dimensi ini dihubungkan dengan pengawasan
guru mengenai hal-hal yang dianggap menjadi porsi dari
pengawasan guru yaitu tujuan belajar, materi belajar,
kecepatan belajar, langkah-langkah belajar, metodologi, dan
evaluasi belajar. Salah satu pendapat tentang pengawasan
176