Page 192 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 192
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
dari Moore berikut ini, mungkin dapat lebih menjelaskan pendapat
kelompok ketiga ini.
Moore (1983, 1986) mengemukakan bahwa ada tiga
karakteristik mahasiswa dewasa dalam belajar. Tipe yang
pertama adalah orang yang mandiri dan memutuskan untuk
mengikuti program pendidikan untuk memenuhi kebutuhan belajar
mereka. Mereka mandiri dalam kehidupan dan juga mandiri dalam
belajar karena telah berumur, namun ada kemungkinan mereka
memutuskan putus sekolah jika mereka menganggap bahwa
program pendidikan yang mereka ikuti tidak sesuai dengan
kebutuhan mereka. Tipe yang kedua adalah orang yang
termotivasi belajar untuk memenuhi kebutuhan memperoleh
ijazah formal untuk kepentingan peningkatan kehidupan mereka
di masa mendatang. Seperti tipe yang pertama, mereka mungkin
orang yang mandiri dalam kehidupan, tapi tidak mandiri dalam
belajar. Sedangkan tipe yang ketiga adalah mahasiswa yang
menggunakan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan emosional
dan kebutuhan mereka untuk tergantung pada orang lain.
Jika tiga karakteristik mahasiswa yang dikemukakan oleh
Moore ( 1983, 1986) terse but dihubungkan dengan dimensi belajar
mandiri oleh Candy (1991) yang dijelaskan sebelumnya pada
tulisan ini, maka tipe mahasiswa yang pertama adalah orang
yang memiliki semua dimensi yang dikemukakan oleh Candy
kecuali dimensi ketiga, yaitu mencapai kebebasan untuk be/ajar
atau kebutuhan belajar yang tidak sesuai dengan PJJ yang
mereka ikuti. Tipe mahasiswa kedua memiliki semua dimensi
yaitu kemauan dan kebutuhan untuk belajar, kecuali dimensi ke
dua dan keempat, yaitu manajemen diri dan penguasaan
pebelajar terhadap pembelajaran. Hal ini berarti mereka tidak
memiliki keterampilan yang mendukung mereka untuk belajar
mandiri. Sedangkan tipe mahasiswa ketiga hanya memiliki
dimensi ketiga, yaitu kebutuhan untuk belajar yang muncul
181