Page 192 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 192

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



        dari Moore berikut ini,  mungkin dapat lebih menjelaskan pendapat
        kelompok ketiga ini.
               Moore  (1983,  1986)  mengemukakan  bahwa  ada  tiga
        karakteristik  mahasiswa  dewasa  dalam  belajar.  Tipe  yang
        pertama  adalah  orang  yang  mandiri  dan  memutuskan  untuk
        mengikuti program pendidikan untuk memenuhi kebutuhan belajar
        mereka.  Mereka mandiri dalam kehidupan dan juga mandiri dalam
        belajar  karena  telah  berumur,  namun  ada  kemungkinan  mereka
        memutuskan  putus  sekolah  jika  mereka  menganggap  bahwa
        program  pendidikan  yang  mereka  ikuti  tidak  sesuai  dengan
        kebutuhan  mereka.    Tipe  yang  kedua  adalah  orang  yang
        termotivasi  belajar  untuk  memenuhi  kebutuhan  memperoleh
        ijazah  formal  untuk  kepentingan  peningkatan  kehidupan  mereka
        di  masa  mendatang.  Seperti  tipe  yang  pertama,  mereka mungkin
        orang  yang  mandiri  dalam  kehidupan,  tapi  tidak  mandiri  dalam
        belajar.  Sedangkan  tipe  yang  ketiga  adalah  mahasiswa  yang
        menggunakan  pendidikan  untuk memenuhi  kebutuhan  emosional
        dan kebutuhan mereka untuk tergantung pada orang lain.
               Jika tiga  karakteristik  mahasiswa  yang  dikemukakan oleh
        Moore (  1983,  1986) terse but dihubungkan dengan dimensi belajar
        mandiri  oleh  Candy  (1991)  yang  dijelaskan  sebelumnya  pada
        tulisan  ini,  maka  tipe  mahasiswa  yang  pertama  adalah  orang
        yang  memiliki  semua  dimensi  yang  dikemukakan  oleh  Candy
        kecuali  dimensi  ketiga,  yaitu  mencapai kebebasan  untuk  be/ajar
        atau  kebutuhan  belajar  yang  tidak  sesuai  dengan  PJJ  yang
        mereka  ikuti.  Tipe  mahasiswa  kedua  memiliki  semua  dimensi
        yaitu  kemauan  dan  kebutuhan  untuk  belajar,  kecuali  dimensi  ke
        dua  dan  keempat,  yaitu  manajemen  diri  dan  penguasaan
        pebelajar  terhadap  pembelajaran.  Hal  ini  berarti  mereka  tidak
        memiliki  keterampilan  yang  mendukung  mereka  untuk  belajar
        mandiri.   Sedangkan  tipe  mahasiswa  ketiga  hanya  memiliki
        dimensi  ketiga,  yaitu  kebutuhan  untuk  belajar  yang  muncul



                                                                 181
   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197