Page 193 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 193
Dannayanti, Islam, Asandhimitra, Kemandirian Belajar ....
sebagai kebutuhan emosional untuk berhubungan dengan orang
lain.
Adanya sifat multidimensional pada kemandirian
merupakan alasan bahwa kemandirian dalam belajar dapat
ditingkatkan melalui berbagai cara. Ada banyak pendapat tentang
peningkatan atau pengembangan kemampuan belajar mandiri.
Bagian selanjutnya akan membahas tentang hal ini.
Pendapat berbeda dari para ahli tentang pembentukan
kemandirian dalam belajar menunjukkan bahwa pendapat-
pendapat tersebut tidak dapat diadopsi sepenuhnya, namun juga
tidak sepenuhnya salah. Berbagai pendapat tentang kemandirian
dalam belajar tersebut justru dapat menjelaskan dinamika
pembentukan dan pengembangan kemampuan belajar mandiri
pada orang dewasa. Pendapat kelompok pertama dapat
dipergunakan sebagai pertimbangan untuk memahami bahwa
orang dewasa memiliki potensi mandiri yang dapat dikembangkan
ke arah mandiri dalam belajar. Sementara itu, pendapat
kelompok kedua menunjukkan bahwa sistem PJJ merupakan
lingkungan yang memberikan kesempatan bagi seseorang untuk
mengembangkan kemampuan belajar mandirinya. lnteraksi
dengan materi yang didesain untuk belajar mandiri, dan kondisi
lingkungan PJJ membantu orang dewasa untuk mandiri dalam
belajar. Dan akhirnya, pendapat kelompok ketiga menunjukkan
bahwa kemampuan belajar mandiri dapat dilihat dari berbagai
dimensi, oleh karena itu dapat ditingkatkan melalui berbagai cara
pula. Pendapat tersebut juga menjelaskan mengapa ada orang
yang mampu mandiri dalam belajar dan yang lain tidak mampu.
182