Page 190 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 190
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
Seseorang yang diajarkan teori cara berenang yang baik, belum
tentu dapat berenang jika ia tidak pernah berada pada lingkungan
air yang memberi kesempatan kepada dirinya untuk berenang.
Orang tersebut juga tidak akan dapat berenang jika ia berada di
air tapi tidak diperbolehkan berenang. Contoh yang terakhir
menunjukkan bahwa lingkungan harus memberi kesempatan
kepada seseorang untuk mandiri dengan memiliki otonomi pribadi
atau kondisi dimana seseorang tidak berada di bawah tekanan
pihak lain. Contoh-contoh yang dikemukakan tersebut menunjuk-
kan bagaimana peran lingkungan terhadap pengembangan
kemandirian dalam diri seseorang.
Berdasarkan pendapat kelompok kedua, PJJ dapat dilihat
sebagai suatu lingkungan yang memberi kesempatan kepada
seseorang untuk mengembangkan kemampuannya untuk belajar
mandiri. Bagi orang tersebut, PJJ merupakan tempat untuk
memenuhi kebutuhannya untuk belajar yang tidak dapat
dijangkaunya melalui pendidikan tatap muka, sekaligus sebagai
lingkungan yang memungkinkan untuk melatih kemampuannya
untuk belajar mandiri.
Keterpisahan secara fisik antara pengajar dan yang di
ajar memunculkan konsekuensi tuntutan kemandirian seseorang
dalam belajar. Tuntutan tersebut muncul karena pada beberapa
hal, seseorang yang belajar pada PJJ harus melakukan beberapa
peran pengajar seperti menentukan kapan harus mempelajari
materi belajar, kapan harus mengumpulkan tugas, serta
memotivasi diri. Tuntutan tersebut membuat seseorang yang
tadinya kurang memiliki kemampuan belajar mandiri yang tinggi
untuk berusaha mandiri, jika ia ingin menyelesaikan studinya.
Kondisi ini tanpa disadari melatih orang tersebut mengembangkan
kemampuannya untuk belajar mandiri. Kesempatan yang
diberikan oleh lingkungan belajar pada PJJ ini merupakan potensi
yang menguntungkan bagi orang dewasa yang belajar pada PJJ.
179