Page 190 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 190

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



       Seseorang  yang  diajarkan  teori  cara  berenang  yang  baik,  belum
       tentu dapat berenang jika ia tidak pernah  berada pada lingkungan
       air  yang  memberi  kesempatan  kepada  dirinya  untuk  berenang.
       Orang  tersebut juga tidak  akan  dapat berenang  jika  ia  berada  di
       air  tapi  tidak  diperbolehkan  berenang.  Contoh  yang  terakhir
       menunjukkan  bahwa  lingkungan  harus  memberi  kesempatan
       kepada seseorang untuk mandiri dengan memiliki otonomi pribadi
       atau  kondisi  dimana  seseorang  tidak  berada  di  bawah  tekanan
       pihak  lain.  Contoh-contoh  yang  dikemukakan  tersebut  menunjuk-
       kan  bagaimana  peran  lingkungan  terhadap  pengembangan
       kemandirian dalam diri seseorang.
               Berdasarkan pendapat kelompok kedua,  PJJ  dapat dilihat
       sebagai  suatu  lingkungan  yang  memberi  kesempatan  kepada
       seseorang  untuk  mengembangkan  kemampuannya  untuk  belajar
       mandiri.  Bagi  orang  tersebut,  PJJ  merupakan  tempat  untuk
       memenuhi  kebutuhannya  untuk  belajar  yang  tidak  dapat
       dijangkaunya  melalui  pendidikan  tatap  muka,  sekaligus  sebagai
       lingkungan  yang  memungkinkan  untuk  melatih  kemampuannya
       untuk belajar mandiri.
               Keterpisahan  secara  fisik  antara  pengajar  dan  yang  di
       ajar  memunculkan  konsekuensi  tuntutan  kemandirian  seseorang
       dalam  belajar.  Tuntutan  tersebut  muncul  karena  pada  beberapa
       hal,  seseorang yang belajar pada  PJJ  harus melakukan beberapa
       peran  pengajar  seperti  menentukan  kapan  harus  mempelajari
       materi  belajar,  kapan  harus  mengumpulkan  tugas,  serta
       memotivasi  diri.  Tuntutan  tersebut  membuat  seseorang  yang
       tadinya  kurang  memiliki  kemampuan  belajar  mandiri  yang  tinggi
       untuk  berusaha  mandiri,  jika  ia  ingin  menyelesaikan  studinya.
       Kondisi ini tanpa disadari melatih orang tersebut mengembangkan
       kemampuannya  untuk  belajar  mandiri.  Kesempatan  yang
       diberikan oleh  lingkungan belajar pada  PJJ  ini merupakan potensi
       yang menguntungkan bagi orang dewasa yang belajar pada PJJ.



                                                                179
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195