Page 194 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 194

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



        C.  Dinamika Kemandirian dalam Belajar pada
           Pendidikan Jarak Jauh

               Pengembangan  kemandirian  dalam  belajar  tergantung
        pada  berbagai  hal  seperti  kebutuhan  seseorang  untuk  belajar;
        interaksi  dengan  orang  atau  pihak  lain;  tindakan  atau  perlakuan
        yang  diberikan  oleh  suatu  pihak  atau  lembaga  terhadap
        seseorang.  Kemandirian  dalam  belajar  yang  terbentuk  karena
        kebutuhan  seseorang  untuk  belajar  dapat  dijelaskan  melalui
        pendapat  Moore  seperti  dijelaskan  sebelumnya  dalam  artikel  ini.
        Adanya  kebutuhan  seseorang  untuk  belajar membuat  seseorang
        berusaha  keras  untuk  mempelajari  materi  yang  diminatinya.
        Usaha  yang  dilakukan  orang  tersebut  membantunya  untuk
        meningkatkan  potensi  mandiri  yang  dimilikinya  sebagai  orang
        dewasa untuk mandiri dalam belajar.
               Di  sisi  lain,   bagi  mereka  yang  kurang  memiliki
        kemampuan  belajar mandiri,  maka  lingkungan  PJJ  dianggap sulit
        untuk  diikuti  dan  mereka  kemungkinan  membutuhkan  dukungan
        serta  bantuan  untuk  mengembangkan  kemampuan  belajar
        mandiri  mereka.  Bagi  mahasiswa  dengan  karakteristik  terakhir
        inilah  peran  lembaga  PJJ  dibutuhkan  untuk  membantu  mereka
        meningkatkan kemandirian dalam belajar.
               Pembentukan  kemandirian  dalam  belajar  juga  dapat
        terjadi  karena  interaksi  dengan  orang  atau  pihak  lain  maupun
        perlakuan yang diberikan oleh suatu pihak atau lembaga terhadap
        seseorang,  dan  pihak  lain  tersebut  adalah  lembaga  penyeleng-
        gara  PJJ.  Sistem  belajar  pada  lembaga  PJJ  memberikan
        perlakuan  yang  mendukung  terbentuknya  kemandirian  dalam
        belajar.  Pengembangan  kemandirian  dalam  belajar  dapat
        dilakukan  baik  melalui  kesempatan  mempelajari  materi  belajar
        atau  modul  yang  dapat  didesain  dan  dipelajari  secara  mandiri,
        maupun  melalui  kesempatan  untuk  belajar  tentang  cara  belajar




                                                                183
   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199