Page 184 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 184

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



                                                                   1
        diawali  dengan  pembicaraan  mengenai  konsep  belajar  mandiri ,
        pendapat  tentang  pembentukan  kemandirian  dalam  belajar,
        dinamika  kemandirian  dalam  belajar,  dan  peran  lembaga  PJJ.
        Pada  artikel  ini,  istilah  belajar  mandiri  digunakan  secara
        bergantian  dengan  istilah  kemandirian  dalam  belajar,  karena
        diasumsikan kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang sama
        dan saling menjelaskan satu sama lain.

        A.  Konsep Kemandirian pada Pendidikan Jarak
            Jauh

                Karakteristik  utama  PJJ,  yaitu  keterpisahan  secara  fisik
        antara  pengajar  dan  yang  diajar,  merupakan  salah  satu  alasan
        yang  memunculkan  konsekuensi  tuntutan  kemandirian  siswa
        dalam belajar.  Berbagai kajian tentang  kemandirian dalam belajar
        pada  PJJ  sering  dibahas  dengan  mempergunakan  istilah  atau
        konsep "belajar mandiri".  lstilah  be/ajar mandiri merupakan  istilah
        yang  berkembang  pada  bidang  pendidikan  orang  dewasa.  lstilah
        tersebut  dipopulerkan  oleh  dua  orang  ahli  pendidikan  orang
        dewasa,  yaitu  Knowles  (1975)  dan  Tough  (1979).  Namun
        sebenarnya,  ide  mengenai  belajar  mandiri  telah  muncul  pada
        jamannya  Socrates  bahkan  mung  kin  sebelumnya  (Candy,  1991;
        Hiemstra,  1998).  lstilah  belajar  mandiri  digunakan  untuk
        menjelaskan  tentang  konsep  belajar  mandiri.  Konsep  tersebut
        digunakan  untuk  membedakannya  dengan  konsep  belajar  yang
        pada umumnya bersifat be/ajar dengan bimbingan guru.




        1
         Beberapa bagian dari artikel  ini  merupakan bagian dari tulisan dalam:
        Darmayanti, Tri. ( 1993 ).  Readiness for self-directed learning and
        achievement of the students of Universitas  Terbuka (The Indonesian
        Open Learning University).  Tesis master yang tidak dipublikasikan,
        University of Victoria, Victoria, BC.



                                                                 173
   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189