Page 179 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 179
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
tatap muka kelompok kecil yang tentu saja harus dirancang
secara cermat.
E. Penutup
Proses pembelajaran, baik dalam PTTM maupun
pendidikan tinggi jarak jauh (PT JJ), merupakan jantung dari
pendidikan. Dalam PTTM, proses pembelajaran tersebut dapat
diamati secara nyata oleh masyarakat luas dan oleh peserta didik
sendiri, namun dalam PT JJ, proses tersebut seolah-olah
dilupakan, sehingga yang muncul sebagai ciri yang menonjol
atau merek dagang PT JJ adalah bahan ajar (modul) dan ujian.
Jika sebuah lembaga PT JJ tidak mau dicap sebagai "universitas
asal jadi", yang hanya menyediakan bahan ajar bagi mahasiswa
dan kemudian memberikan ujian, maka PT JJ harus memberikan
perhatian yang serius terhadap proses pembelajaran.
Secara kelembagaan, proses pembelajaran harus
ditangani oleh satu wadah (apakah unit atau pusat) yang khusus
diserahi tanggung jawab dalam mengembangkan model,
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses
pembelajaran. Dengan mengadakan wadah ini, proses
pembelajaran akan mendapat perhatian yang wajar, serta
mempunyai posisi dan peran yang sejajar dengan bahan ajar dan
ujian. Selanjutnya, proses pembelajaran harus ditangani oleh
tenaga yang mempunyai keahlian dalam bidang tersebut. Secara
fungsional, yang harus menangani proses belajar adalah para
dosen yang memang mempunyai tugas utama dalam pendidikan
dan pengajaran. Tugas mengajar di PTJJ harus diterjemahkan
dalam bentuk lain, yaitu tugas memfasilitasi proses pembe/ajaran
mahasiswa. Sebagai implikasi dari pikiran ini, dosen PT JJ harus
mampu merancang dan melaksanakan berbagai layanan belajar,
baik jarak jauh maupun tatap muka. Karena besarnya populasi
168