Page 179 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 179

Wardani,  Proses Pembelajaran dalam  ....



           tatap  muka  kelompok  kecil  yang  tentu  saja  harus  dirancang
           secara cermat.



           E.  Penutup
                  Proses  pembelajaran,  baik  dalam  PTTM  maupun
           pendidikan  tinggi  jarak  jauh  (PT JJ),  merupakan  jantung  dari
           pendidikan.  Dalam  PTTM,  proses  pembelajaran  tersebut  dapat
           diamati secara nyata oleh  masyarakat luas dan oleh  peserta didik
           sendiri,  namun  dalam  PT  JJ,  proses  tersebut  seolah-olah
           dilupakan,  sehingga  yang  muncul  sebagai  ciri  yang  menonjol
           atau  merek  dagang  PT  JJ  adalah  bahan  ajar  (modul)  dan  ujian.
           Jika sebuah  lembaga  PT  JJ  tidak mau  dicap sebagai  "universitas
           asal jadi",  yang  hanya menyediakan  bahan  ajar bagi  mahasiswa
           dan  kemudian  memberikan  ujian,  maka  PT  JJ  harus  memberikan
           perhatian yang  serius terhadap proses pembelajaran.
                  Secara   kelembagaan,    proses   pembelajaran   harus
           ditangani  oleh  satu  wadah  (apakah  unit atau  pusat)  yang  khusus
           diserahi  tanggung  jawab  dalam  mengembangkan  model,
           merencanakan,    melaksanakan,   dan   mengevaluasi   proses
           pembelajaran.   Dengan   mengadakan     wadah    ini,   proses
           pembelajaran  akan  mendapat  perhatian  yang  wajar,  serta
           mempunyai posisi dan peran  yang  sejajar dengan bahan ajar dan
           ujian.  Selanjutnya,  proses  pembelajaran  harus  ditangani  oleh
           tenaga  yang  mempunyai  keahlian  dalam  bidang  tersebut.  Secara
           fungsional,  yang  harus  menangani  proses  belajar  adalah  para
           dosen  yang  memang  mempunyai  tugas  utama dalam  pendidikan
           dan  pengajaran.  Tugas  mengajar  di  PTJJ  harus  diterjemahkan
           dalam  bentuk lain,  yaitu  tugas memfasilitasi proses pembe/ajaran
           mahasiswa.  Sebagai  implikasi  dari  pikiran  ini,  dosen  PT  JJ  harus
           mampu  merancang  dan  melaksanakan  berbagai  layanan  belajar,
           baik  jarak jauh  maupun  tatap  muka.  Karena  besarnya  populasi



           168
   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184