Page 177 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 177

Wardani,  Proses Pembelajaran d.O:am  ....



           2.  Bagaimana  mung kin  PT JJ  memberikan  kesempatan  praktek
              bagi  mahasiswa  yang  tersebar  luas  di  seluruh  pelosok  tanah
              air?
           3.  Karena  alat  ukurnya  berupa  tes  objektif,  tentu  yang  dapat
              diukur  hanya  penguasaan  pengetahuan  saja;  itu  pun  yang
              berada   dalam    kemampuan    berpikir   tingkat   rendah.
              Bagaimana PT  JJ dapat meyakinkan kualitas lulusannya?
           4.  Jika  praktek  dilakukan  di  berbagai  tempat,  bagaimana  PT JJ
              dapat  menjamin  bahwa  kualitas  praktek  tersebut  dapat
              dikendalikan?
           5.  Bagaimana  PT JJ  dapat  memberikan  layanan  belajar  bagi
              mahasiswa  yang  berada  di  daerah  terpencil  dengan  jumlah
              yang  sedikit  dan  tidak  mempunyai  listrik  dan  akses
              komunikasi lain?


                  Masih  banyak pertanyaan lain  yang  semestinya membuat
           para  penyelenggara  PT  JJ  tertantang  untuk menyediakan  layanan
           belajar  yang  benar-benar  mampu  memenuhi  harapan  para
           mahasiswa,  dan  dapat  menjamin  kualitas  lulusannya.  Proses
           pembelajaran   memang     benar-benar   merupakan    jantung
           pendidikan yang  semestinya mendapat perhatian yang  serius dari
           semua  pihak  yang  terlibat  dalam  PT JJ.  Oleh  karena  itu,  layanan
           belajar  harus  dikemas   dalam  bentuk  dan  cara  yang  paling
           mendekati  situasi  pembelajaran/perilaku  guru  yang  baik  di  dalam
           kelas,  sehingga  meskipun  layanan  belajar  tersebut  berupa
           layanan  jarak  jauh,  mahasiswa  merasa  bahwa  dia  berhadapan
           dengan  dosen,  serta  dapat  melakukan  aktivitas  pembelajaran
           yang  kurang  lebih  setara  dengan  yang  dilakukan  mahasiswa
           PTIM.  Di  samping  itu,  haruslah  dicari  upaya  agar tutorial  yang
           berfokus  pada  latihan  dan  penghayatan  memang  benar-benar
           dapat disediakan.





           166
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182