Page 177 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 177
Wardani, Proses Pembelajaran d.O:am ....
2. Bagaimana mung kin PT JJ memberikan kesempatan praktek
bagi mahasiswa yang tersebar luas di seluruh pelosok tanah
air?
3. Karena alat ukurnya berupa tes objektif, tentu yang dapat
diukur hanya penguasaan pengetahuan saja; itu pun yang
berada dalam kemampuan berpikir tingkat rendah.
Bagaimana PT JJ dapat meyakinkan kualitas lulusannya?
4. Jika praktek dilakukan di berbagai tempat, bagaimana PT JJ
dapat menjamin bahwa kualitas praktek tersebut dapat
dikendalikan?
5. Bagaimana PT JJ dapat memberikan layanan belajar bagi
mahasiswa yang berada di daerah terpencil dengan jumlah
yang sedikit dan tidak mempunyai listrik dan akses
komunikasi lain?
Masih banyak pertanyaan lain yang semestinya membuat
para penyelenggara PT JJ tertantang untuk menyediakan layanan
belajar yang benar-benar mampu memenuhi harapan para
mahasiswa, dan dapat menjamin kualitas lulusannya. Proses
pembelajaran memang benar-benar merupakan jantung
pendidikan yang semestinya mendapat perhatian yang serius dari
semua pihak yang terlibat dalam PT JJ. Oleh karena itu, layanan
belajar harus dikemas dalam bentuk dan cara yang paling
mendekati situasi pembelajaran/perilaku guru yang baik di dalam
kelas, sehingga meskipun layanan belajar tersebut berupa
layanan jarak jauh, mahasiswa merasa bahwa dia berhadapan
dengan dosen, serta dapat melakukan aktivitas pembelajaran
yang kurang lebih setara dengan yang dilakukan mahasiswa
PTIM. Di samping itu, haruslah dicari upaya agar tutorial yang
berfokus pada latihan dan penghayatan memang benar-benar
dapat disediakan.
166