Page 178 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 178
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
Untuk memberikan pengalaman bela jar yang
memungkinkan mahasiswa menguasai kompetensi seperti itu,
penyelenggara PT JJ harus melakukan kerja sama dengan
berbagai pihak. Kerja sama ini sangat diperlukan karena PT JJ
tidak mungkin menyediakan layanan tersebut secara mandiri.
Jaringan kerja sama memang merupakan salah satu ciri dari
pengelolaan PT JJ. Kerja sama ini tidak hanya mencakup ruang
dan fasilitas, tetapi juga sumber daya manusia yang akan
dilibatkan dalam memberikan layanan belajar, dan bidang-bidang
lain. Terkait dengan layanan belajar, kerja sama harus dilakukan
dengan pihak-pihak yang mungkin membantu dalam
menyediakan fasilitas dan sumber daya yang dapat dilibatkan
dalam memfasilitasi mahasiswa untuk menghayati pengalaman
belajar yang terkait dengan penguasaan keterampilan serta sikap
dan nilai. Namun, terlepas dari mitra kerja sama dan jenis kerja
sama yang disepakati, kendali mutu proses pembelajaran harus
tetap ada pada penyelenggara PT JJ. Oleh karena itu,
penyelenggara PT JJ harus mengembangkan pedoman dan
panduan yang secara jelas memberi acuan perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi layanan belajar yang dikehendaki. Jika
perlu, penyelenggara PT JJ harus menyelenggarakan semacam
pelatihan bagi personel mitra kerja yang akan langsung
menangani layanan belajar ini.
Terkait dengan penyediaan layanan belajar bagi
mahasiswa di daerah terpencil, yang jumlahnya hanya sedikit,
penyelenggara PT JJ seyogyanya menyadari bahwa layanan yang
disediakannya adalah untuk semua warga negara. Biaya untuk
menyelenggarakan layanan belajar tersebut mungkin akan
menjadi sangat mahal, namun sebagaimana yang dikatakan oleh
Suparman (1992), nilai pendidikan tidak dapat dihitung dengan
uang. Oleh karena itu, layanan belajar bagi mereka itu harus
diadakan, apakah melalui surat-menyurat, ataukah dalam bentuk
167