Page 178 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 178

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH



              Untuk    memberikan     pengalaman     bela jar   yang
       memungkinkan  mahasiswa  menguasai  kompetensi  seperti  itu,
       penyelenggara  PT  JJ  harus  melakukan  kerja  sama  dengan
       berbagai  pihak.  Kerja  sama  ini  sangat  diperlukan  karena  PT  JJ
       tidak  mungkin  menyediakan  layanan  tersebut  secara  mandiri.
       Jaringan  kerja  sama  memang  merupakan  salah  satu  ciri  dari
       pengelolaan  PT  JJ.  Kerja  sama  ini  tidak  hanya  mencakup  ruang
       dan  fasilitas,  tetapi  juga  sumber  daya  manusia   yang  akan
       dilibatkan dalam  memberikan  layanan  belajar,  dan  bidang-bidang
       lain.  Terkait dengan  layanan  belajar,  kerja  sama  harus dilakukan
       dengan    pihak-pihak   yang   mungkin   membantu     dalam
       menyediakan  fasilitas  dan  sumber  daya  yang  dapat  dilibatkan
       dalam  memfasilitasi  mahasiswa  untuk  menghayati  pengalaman
       belajar yang  terkait dengan  penguasaan  keterampilan  serta sikap
       dan  nilai.  Namun,  terlepas  dari  mitra  kerja  sama  dan  jenis  kerja
       sama  yang  disepakati,  kendali  mutu  proses  pembelajaran  harus
       tetap  ada  pada  penyelenggara  PT JJ.  Oleh  karena  itu,
       penyelenggara  PT  JJ  harus  mengembangkan  pedoman  dan
       panduan  yang  secara  jelas  memberi  acuan  perencanaan,
       pelaksanaan, dan evaluasi layanan belajar yang dikehendaki. Jika
       perlu,  penyelenggara  PT  JJ  harus  menyelenggarakan  semacam
       pelatihan  bagi  personel  mitra  kerja  yang  akan  langsung
       menangani layanan belajar ini.
              Terkait  dengan   penyediaan   layanan   belajar  bagi
       mahasiswa  di  daerah  terpencil,  yang  jumlahnya  hanya  sedikit,
       penyelenggara PT  JJ  seyogyanya menyadari bahwa layanan yang
       disediakannya  adalah  untuk  semua  warga  negara.  Biaya  untuk
       menyelenggarakan  layanan  belajar  tersebut  mungkin  akan
       menjadi sangat mahal,  namun sebagaimana  yang  dikatakan oleh
       Suparman  (1992),  nilai  pendidikan  tidak  dapat  dihitung  dengan
       uang.  Oleh  karena  itu,  layanan  belajar  bagi  mereka  itu  harus
       diadakan,  apakah  melalui  surat-menyurat,  ataukah  dalam  bentuk



                                                                167
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183