Page 173 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 173
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
menerapkan konsep tertentu. Pengkajian dapat dilakukan secara
luas, mulai dari mendengarkan informasi tambahan dari tutor atau
nara sumber lain sampai melakukan eksplorasi, seperti mencari
bukti-bukti baru tentang perkembangan satu konsep atau meneliti
dampak dari penerapan satu konsep. Semua ini dapat dilakukan
baik dalam kelompok maupun secara individual. Oleh karena
tutorial tatap muka tidak terlalu sering dilakukan, pertemuan tatap
muka sebaiknya dimanfaatkan untuk menyepakati cara kerja,
membahas laporan atau hasil diskusi, serta merancang kegiatan
berikutnya. Sebaliknya, kegiatan seperti melakukan eksplorasi
dapat dilakukan di luar pertemuan tatap muka dengan panduan
yang jelas.
Untuk memotivasi mahasiswa mengikuti kegiatan ini dan
memberi peluang kepada mahasiswa untuk menunjukkan
kemampuannya, perlu dipikirkan satu cara yang dapat
mengakomodasi kebutuhan ini. Pemberian tugas-tugas yang
memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan
prestasi yang terbaik, barangkali merupakan satu cara yang dapat
dilakukan. Penilaian terhadap tugas-tugas tersebut diperhitungkan
dalam penentuan nilai akhir. Dengan cara ini, proses belajar akan
menjadi lebih bermakna karena penilaian terhadap penguasaan
mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh ujian akhir, tetapi juga
oleh prestasi yang dicapai selama proses pembelajaran
berlangsung. Di samping itu, mahasiswa akan termotivasi
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dan dengan cara ini
akan tumbuh semacam keyakinan bahwa ia memang benar-benar
sedang belajar.
162