Page 169 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 169
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
mahasiswa termotivasi untuk mengerjakan atau mengikuti
petunjuk yang diberikan.
c. Mendeskripsikan pengalaman belajar yang harus dilakukan
mahasiswa untuk menguasai kompetensi tersebut. Termasuk
di dalamnya, bagaimana mahasiswa dapat menghayati setiap
pengalaman belajar, di mana dan dengan siapa dia harus
melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengalaman
belajar tersebut, berapa lama dia harus mengerjakannya,
serta fasilitas/sarana apa yang dia perlukan.
d. Jenis materi, media, serta fasilitas lain yang diperlukan dalam
setiap pengalaman belajar. Dalam hal ini termasuk materi
suplemen atau sumber belajar lain yang diperlukan oleh
mahasiswa, di mana materi/sumber belajar tersebut dapat
diperoleh, dan bagaimana memanfaatkannya.
e. Cara mahasiswa mengetahui tingkat keberhasilan dan tindak
lanjut apa yang harus dilakukannya setelah mengetahui
tingkat keberhasilan tersebut.
Dari semua uraian di atas, dapat disimak bahwa pada
dasarnya, layanan belajar jarak jauh dapat dilakukan dengan
berbagai cara, dari yang paling sederhana sampai yang paling
canggih. Cara mana pun yang digunakan, esensi pembelajaran
harus selalu tercermin dalam bentuk fasilitasi dan pemberian
motivasi. Oleh karena itu, dalam setiap jenis layanan belajar,
langkah-langkah atau urutan penyajian harus selalu diperhatikan
karena aspek-aspek tersebut memang merupakan peristiwa
pembelajaran yang terkait dengan tahap-tahap belajar,
sebagaimana yang dikemukakan oleh Gagne (1985). Langkah-
langkah tersebut akan memungkinkan mahasiswa merasakan
kedekatan dengan dosennya, meskipun layanan belajar tersebut
diberikan secara jarak jauh.
158