Page 169 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 169

Wardani, Proses Pembelajaran dalam  ....



             mahasiswa  termotivasi  untuk  mengerjakan  atau  mengikuti
             petunjuk yang diberikan.
         c.   Mendeskripsikan  pengalaman  belajar  yang  harus  dilakukan
             mahasiswa  untuk menguasai kompetensi tersebut.  Termasuk
             di  dalamnya,  bagaimana mahasiswa dapat menghayati setiap
             pengalaman  belajar,  di  mana  dan  dengan  siapa  dia  harus
             melakukan  kegiatan  yang  berkaitan  dengan  pengalaman
             belajar  tersebut,  berapa  lama  dia  harus  mengerjakannya,
             serta fasilitas/sarana apa yang dia perlukan.
         d.  Jenis materi,  media,  serta fasilitas lain  yang  diperlukan dalam
             setiap  pengalaman  belajar.  Dalam  hal  ini  termasuk  materi
             suplemen  atau  sumber  belajar  lain  yang  diperlukan  oleh
             mahasiswa,  di  mana  materi/sumber  belajar  tersebut  dapat
             diperoleh, dan bagaimana memanfaatkannya.
         e.  Cara  mahasiswa  mengetahui  tingkat  keberhasilan  dan  tindak
             lanjut  apa  yang  harus  dilakukannya  setelah  mengetahui
             tingkat keberhasilan tersebut.

                 Dari  semua  uraian  di  atas,  dapat  disimak  bahwa  pada
         dasarnya,  layanan  belajar  jarak  jauh  dapat  dilakukan  dengan
         berbagai  cara,  dari  yang  paling  sederhana  sampai  yang  paling
         canggih.  Cara  mana  pun  yang  digunakan,  esensi  pembelajaran
         harus  selalu  tercermin  dalam  bentuk  fasilitasi  dan  pemberian
         motivasi.  Oleh  karena  itu,  dalam  setiap  jenis  layanan  belajar,
         langkah-langkah  atau  urutan  penyajian  harus  selalu  diperhatikan
         karena  aspek-aspek  tersebut  memang  merupakan  peristiwa
         pembelajaran   yang   terkait   dengan   tahap-tahap   belajar,
         sebagaimana  yang  dikemukakan  oleh  Gagne  (1985).  Langkah-
         langkah  tersebut  akan  memungkinkan  mahasiswa  merasakan
         kedekatan  dengan  dosennya,  meskipun  layanan  belajar tersebut
         diberikan secara jarak jauh.





          158
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174