Page 165 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 165
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
kecepatan. Untuk mengikuti konferensi teleaudio dan konferensi
video, para peserta harus berada di tempat tertentu pada waktu
yang telah ditetapkan. Sementara itu, untuk mengikuti siaran TV
dan radio, peserta harus siap pada waktu tertentu dan di tempat-
tempat yang memang dapat menangkap siaran TV dan radio
tersebut. Selanjutnya, PT JJ generasi keempat mulai
memanfaatkan akses berbasis internet terhadap sumber www,
serta komunikasi bermediasi komputer. Dengan cara ini, peserta
didik dapat mengakses berbagai layanan belajar (bahan ajar dan
informasi lain) dari berbagai tempat sesuai dengan waktu yang
mereka inginkan. Akhirnya PT JJ generasi kelima, di samping
memanfaatkan ketiga fasilitas pada generasi keempat, dilengkapi
dengan komunikasi bermediasi komputer, menggunakan sistem
balikan otomatis, serta akses portal kampus terhadap proses dan
sumber lembaga (Taylor, 2003). Dengan demikian, pada saat ini,
PT JJ dapat memanfaatkan layanan belajar jarak jauh, mulai dari
yang tercetak melalui koresponden, sampai internet yang
dilengkapi dengan akses portal kampus terhadap proses dan
sumber lembaga.
Bertitik tolak dari ciri-ciri setiap generasi PT JJ seperti
yang diuraikan di atas, jenis-jenis layanan belajar jarak jauh dapat
dikelompokkan dan dideskripsikan sebagai berikut.
a. Layanan belajar secara tertulis yang disampaikan melalui
korespondensi.
Bahan ajar cetak beserta berbagai panduan yang telah
disiapkan disampaikan kepada mahasiswa. Bahan ajar yang
pada umumnya berbentuk modul memang dirancang secara
khusus sehingga memungkinkan mahasiswa mengatur cara
dan kecepatan belajarnya, serta menilai pencapaiannya
secara bertahap. Mahasiswa mempelajari panduan dan
bahan ajar tersebut, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan,
termasuk mengerjakan praktikum dan menghubungi
154