Page 165 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 165

Wardani,  Proses Pembelajaran dalam  ....



        kecepatan.  Untuk mengikuti  konferensi teleaudio  dan  konferensi
        video,  para  peserta  harus  berada  di  tempat  tertentu  pada  waktu
        yang  telah  ditetapkan.  Sementara  itu,  untuk  mengikuti  siaran  TV
        dan  radio,  peserta  harus  siap pada  waktu  tertentu dan di tempat-
        tempat  yang  memang  dapat  menangkap  siaran  TV  dan  radio
        tersebut.   Selanjutnya,   PT  JJ   generasi   keempat   mulai
        memanfaatkan  akses  berbasis  internet  terhadap  sumber  www,
        serta  komunikasi bermediasi komputer.  Dengan  cara  ini,  peserta
        didik dapat mengakses  berbagai  layanan  belajar (bahan  ajar dan
        informasi  lain)  dari  berbagai  tempat  sesuai  dengan  waktu  yang
        mereka  inginkan.  Akhirnya  PT  JJ  generasi  kelima,  di  samping
        memanfaatkan  ketiga  fasilitas  pada  generasi keempat,  dilengkapi
        dengan  komunikasi  bermediasi  komputer,  menggunakan  sistem
        balikan otomatis,  serta akses portal kampus terhadap proses dan
        sumber lembaga  (Taylor,  2003).  Dengan  demikian,  pada saat ini,
        PT JJ dapat memanfaatkan  layanan belajar jarak jauh,  mulai dari
        yang  tercetak  melalui  koresponden,  sampai  internet  yang
        dilengkapi  dengan  akses  portal  kampus  terhadap  proses  dan
        sumber lembaga.
               Bertitik  tolak  dari  ciri-ciri  setiap  generasi  PT JJ  seperti
        yang  diuraikan di atas, jenis-jenis layanan belajar jarak jauh dapat
        dikelompokkan dan dideskripsikan sebagai berikut.
        a.  Layanan  belajar  secara  tertulis  yang  disampaikan  melalui
            korespondensi.
            Bahan  ajar  cetak  beserta  berbagai  panduan  yang  telah
            disiapkan  disampaikan  kepada  mahasiswa.  Bahan  ajar yang
            pada  umumnya  berbentuk  modul  memang  dirancang  secara
            khusus  sehingga  memungkinkan  mahasiswa  mengatur  cara
            dan  kecepatan  belajarnya,  serta  menilai  pencapaiannya
            secara  bertahap.  Mahasiswa  mempelajari  panduan  dan
            bahan ajar tersebut,  mengerjakan tugas-tugas yang diberikan,
            termasuk   mengerjakan    praktikum   dan   menghubungi



        154
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170