Page 163 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 163
Wardanl, Proses Pembelajaran dalam ....
C. Modus Pembelajaran PT JJ
Pembelajaran jarak jauh, yang direalisasikan dalam
bentuk layanan belajar, dapat diselenggarakan dalam berbagai
modus. Layanan belajar ini pada dasarnya disebut sebagai
tutorial, yang menurut Holmberg (1995) dikelompokkan menjadi
tiga jenis, yaitu, ( 1) tutorial jarak jauh, (2) tutorial pelengkap yang
merupakan konsultasi personal secara terjadwal di pos belajar,
dan (3) tutorial residensial/tatap muka yang terpusat untuk mata
kuliah tertentu. Namun, dari modus penyelenggaraan, layanan
belajar atau tutorial ini dapat dikelompokkan menjadi dua
kelompok, yaitu jarak jauh dan tatap muka. Sesuai dengan ciri
pendidikan jarak jauh, yaitu keterpisahan pendidik dan peserta
didik serta komunikasi melalui multimedia, maka layanan belajar
yang lebih mendominasi adalah layanan jarak jauh. Hal ini terjadi
karena berbagai alasan, di antaranya adanya anggapan bahwa
belajar jarak jauh adalah belajar melalui media, sehingga
komunikasi dengan multimedia cenderung diasosiasikan sebagai
komunikasi jarak jauh, meskipun komunikasi jarak dekat, bahkan
tatap muka juga dapat menggunakan multimedia. Berikut ini akan
diuraikan sekilas lintas deskripsi kedua modus layanan belajar
tersebut.
1. Layanan Belajar Jarak Jauh
Layanan belajar jarak jauh memang merupakan ciri khas,
PT JJ Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika dalam
pembahasan tentang generasi kelima pendidikan jarak jauh (PJJ),
Taylor (2003) hanya mengungkapkan perkembangan komponen
teknologi layanan jarak jauh dari generasi ke generasi, tanpa
menyentuh kemungkinan adanya pertemuan tatap muka.
Memang yang menjadi pokok pembahasan adalah perkembangan
teknologi dalam perkembangan pelayanan PJJ. Dengan
!52