Page 162 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 162
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
atas seluruh proses belajarnya. Segala prakarsa yang berkaitan
dengan proses belajar harus datang dari dirinya sendiri. Apakah
ia akan membaca bahan ajar, membuat rangkuman, ikut diskusi
kelompok, pergi ke warnet, dan sebagainya, semuanya
tergantung pada prakarsa peserta didik. Tanpa prakarsa dari
peserta didik, proses belajar tidak akan terjadi. Pendidik hanya
dapat memberikan fasilitasi (yang kadang-kadang sangat
terbatas}, sedangkan proses selanjutnya sangat tergantung pada
peserta didik.
Hakikat pembelajaran di PT JJ yang unik tersebut
mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu menjadikan
mahasiswa sebagai pebelajar mandiri dan sepanjang hayat, yang
merupakan salah satu aspek dalam tujuan utuh pendidikan
nasional. Melalui belajar mandiri, peserta didik akan terlatih untuk
berdisiplin dan bertanggung jawab, yang pada gilirannya akan
memungkinkan dia menjadi pebelajar seumur hidup. Dengan
demikian, di samping memenuhi fungsinya untuk memeratakan
kesempatan belajar bagi seluruh warga negara, PT JJ juga dapat
memfasilitasi terbentuknya kemampuan mandiri, serta kebiasaan
berdisiplin dan bertanggung jawab. Fungsi ini sekaligus
merupakan jawaban dari tantangan yang dihadapi oleh PTM,
khususnya pada jenjang perguruan tinggi, dalam hal memenuhi
tuntutan peserta didik yang ingin tetap bekerja dan belajar, yang
jumlahnya terus bertambah, sebagaimana yang diungkapkan oleh
Daniel (1997). Keinginan untuk belajar sambil bekerja merupakan
salah satu perwujudan kemampuan belajar sepanjang hayat.
Kemauan belajar akan mampu mengatasi segala macam kendala,
dengan perkataan lain, tidak ada kendala yang tidak dapat diatasi
jika seseorang memang mau dan ingin belajar.
151