Page 162 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 162

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



         atas  seluruh  proses  belajarnya.  Segala  prakarsa  yang  berkaitan
         dengan  proses  belajar  harus  datang  dari  dirinya  sendiri.  Apakah
         ia  akan  membaca  bahan  ajar,  membuat  rangkuman,  ikut diskusi
         kelompok,  pergi  ke  warnet,  dan  sebagainya,  semuanya
         tergantung  pada  prakarsa  peserta  didik.  Tanpa  prakarsa  dari
         peserta  didik,  proses  belajar  tidak  akan  terjadi.  Pendidik  hanya
         dapat  memberikan  fasilitasi  (yang  kadang-kadang  sangat
         terbatas},  sedangkan  proses selanjutnya sangat tergantung  pada
         peserta didik.
                Hakikat  pembelajaran  di  PT JJ  yang  unik  tersebut
         mempunyai  fungsi  yang  sangat  penting,  yaitu  menjadikan
         mahasiswa sebagai pebelajar mandiri dan sepanjang hayat,  yang
         merupakan  salah  satu  aspek  dalam  tujuan  utuh  pendidikan
         nasional. Melalui belajar mandiri,  peserta didik akan terlatih untuk
         berdisiplin  dan  bertanggung  jawab,  yang  pada  gilirannya  akan
         memungkinkan  dia  menjadi  pebelajar  seumur  hidup.  Dengan
         demikian,  di  samping  memenuhi  fungsinya  untuk memeratakan
         kesempatan  belajar bagi  seluruh  warga  negara,  PT JJ  juga dapat
         memfasilitasi terbentuknya  kemampuan  mandiri,  serta  kebiasaan
         berdisiplin  dan  bertanggung  jawab.  Fungsi  ini  sekaligus
         merupakan  jawaban  dari  tantangan  yang  dihadapi  oleh  PTM,
         khususnya  pada  jenjang  perguruan  tinggi,  dalam  hal  memenuhi
         tuntutan  peserta  didik yang  ingin  tetap  bekerja  dan  belajar,  yang
         jumlahnya terus bertambah,  sebagaimana yang diungkapkan oleh
         Daniel (1997).  Keinginan  untuk belajar sambil bekerja merupakan
         salah  satu  perwujudan  kemampuan  belajar  sepanjang  hayat.
         Kemauan belajar akan mampu mengatasi segala macam kendala,
         dengan perkataan lain,  tidak ada kendala yang tidak dapat diatasi
         jika seseorang memang mau dan ingin belajar.








                                                                  151
   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167