Page 164 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 164

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



         perspektif  seperti  itu,  perkembangan  pendidikan  jarak jauh  dari
         generasi satu  sampai generasi lima digambarkan  bergerak dari  :
         Model  Korespondensi - ke  model multimedia - ke  model be/ajar
         te/e/jarak jauh (telelearning) - ke model be/ajar fleksibel  - sampai
         ke  model  be/ajar fleksibel  berintelegensi.  Lebih  jauh  dikatakan
         bahwa  implementasi  teknologi  pada  generasi  yang  kelima  tidak
         saja  mampu  mengr.emat biaya dan  mentransfer pendidikan jarak
         jauh  tetapi  juga  mentransfer  pengalaman  para  mahasiswa  yang
         belajar di kampus.
                Pada  generasi  pertama,  layanan  belajar  jarak  jauh
         dimulai dari  model  koresponden  yang  mengandalkan  bahan  ajar
         cetak,  baik  dalam  bentuk  materi  pokok  maupun  berbagai
         panduan/pedoman  yang  dapat  mengarahkan  mahasiswa  dalam
         proses  belajarnya.  Komunikasi  antara  pendidik dan  peserta  didik
         dilakukan  melalui surat-menyurat,  demikian  pula distribusi bahan
         ajar.   Dengan  kemajuan  teknologi,  PT JJ  generasi  kedua
         melengkapi  bahan  ajar  cetak  dengan  multimedia,  seperti  kaset
         audio,  video,  Pembelajaran  Berbantuan  Komputer  (PBK),  serta
         video  interaktif.  Melalui  cara  ini,  peserta  didik  dapat  mendengar
         suara  pendidik  atau  melihat  wajahnya,  namun  tidak  ada
         komunikasi  langsung.  Mereka  dapat  memanfaatkan  multimedia
         tersebut  sesuai  dengan  waktu,  tempat,  dan  kecepatan  yang
         mereka  inginkan.  Seiring  dengan  pesatnya  perkembangan
         teknologi, generasi ketiga  PT JJ mulai dengan "model be/ajar tele",
         yang  memungkinkan  mahasiswa  dan  peserta  didik  berdialog,
         bahkan  bertatap  muka  secara  jarak  jauh.  Melalui  konferensi
         teleaudio,  para  mahasiswa  dapat  berdiskusi  secara  jarak  jauh
         baik  dengan  ternan  maupun  dengan  pendidiknya;  sedangkan
         melalui  konferensi  video,  mereka  dapat  bertatap  muka  secara
         jarak jauh.  Selain  itu,  ke  dalam generasi  ketiga  ini juga termasuk
         siaran TV dan  radio.  Namun perlu diingat bahwa semua teknologi
         ini  tidak  mempunyai  fleksibilitas  dari  segi  waktu,  tempat,  dan



                                                                 153
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169