Page 160 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 160

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



             mahasiswa  PT JJ  cukup  tinggi,  yaitu  21%  pad a  akhir
             semester,  serta  58%  tidak  melakukan  registrasi  ulang  secara
             berkelanjutan.  Untuk  mengurangi  angka  putus  ku/iah  dan
             meningkatkan retensi,  layanan belajar merupakan satu  upaya
             yang  dapat  dilakukan.  Layanan  belajar  diharapkan  mampu
             meningkatkan  kualitas  belajar mahasiswa,  sehingga  mereka
             merasa  termotivasi  untuk  belajar.  Dengan  meningkatnya
             motivasi,  angka  putus  kuliah  akan  menurun  dan  tentu  saja
             retensi akan meningkat.
         b.  Mulai  banyaknya  lembaga  yang  menyelenggarakan  PT JJ
             membuat  persaingan  dalam  menyediakan  akses  pendidikan
             jarak jauh  bagi  masyarakat meningkat.  Hal  ini  akan  membuat
             para  mahasiswa  mempunyai peluang  untuk memilih  lembaga
             pendidikan  yang  paling  menjanjikan  dalam  penyediaan
             layanan  belajar.  Oleh  karena  itu,  layanan  be/ajar  harus
             merupakan komponen tak terpisahkan dalam PT JJ.
         c.   Mahasiswa yang  belajar melalui PT JJ merupakan mahasiswa
             yang  terisolasi,  baik dari  teman  seangkatannya,  maupun  dari
             lembaga PT JJ sendiri,  bahkan mungkin dari keluarganya.  Hal
             ini  menyebabkan  mereka  hampir terputus  hubungan  dengan
             sesama  mahasiswa,  lembaga,  dan  bahkan  keluarga.  lni
             berarti,  tidak  ada  komunikasi  atau  dialog  yang  menyentuh
             mereka.  Padahal,  esensi  pendidikan  adalah  dialog.  Oleh
             karena itu,  isolasi dapat diatasi dengan menyediakan layanan
             be/ajar yang  akan  memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa
             untuk melakukan dialog,  baik dengan sesama ternan maupun
             dengan para pendidiknya.
         d.  PT JJ  yang  hanya  menyediakan  bahan  belajar  bagi
             mahasiswanya  sebenarnya  menunjukkan  otoritas  lembaga
             tanpa  memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa  untuk
             memilih  atau  mengemukakan  pendapat.  Dengan  adanya
             layanan be/ajar, suasana demokrasi akan mulai terasa karena



                                                                  149
   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165