Page 160 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 160
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
mahasiswa PT JJ cukup tinggi, yaitu 21% pad a akhir
semester, serta 58% tidak melakukan registrasi ulang secara
berkelanjutan. Untuk mengurangi angka putus ku/iah dan
meningkatkan retensi, layanan belajar merupakan satu upaya
yang dapat dilakukan. Layanan belajar diharapkan mampu
meningkatkan kualitas belajar mahasiswa, sehingga mereka
merasa termotivasi untuk belajar. Dengan meningkatnya
motivasi, angka putus kuliah akan menurun dan tentu saja
retensi akan meningkat.
b. Mulai banyaknya lembaga yang menyelenggarakan PT JJ
membuat persaingan dalam menyediakan akses pendidikan
jarak jauh bagi masyarakat meningkat. Hal ini akan membuat
para mahasiswa mempunyai peluang untuk memilih lembaga
pendidikan yang paling menjanjikan dalam penyediaan
layanan belajar. Oleh karena itu, layanan be/ajar harus
merupakan komponen tak terpisahkan dalam PT JJ.
c. Mahasiswa yang belajar melalui PT JJ merupakan mahasiswa
yang terisolasi, baik dari teman seangkatannya, maupun dari
lembaga PT JJ sendiri, bahkan mungkin dari keluarganya. Hal
ini menyebabkan mereka hampir terputus hubungan dengan
sesama mahasiswa, lembaga, dan bahkan keluarga. lni
berarti, tidak ada komunikasi atau dialog yang menyentuh
mereka. Padahal, esensi pendidikan adalah dialog. Oleh
karena itu, isolasi dapat diatasi dengan menyediakan layanan
be/ajar yang akan memberi kesempatan kepada mahasiswa
untuk melakukan dialog, baik dengan sesama ternan maupun
dengan para pendidiknya.
d. PT JJ yang hanya menyediakan bahan belajar bagi
mahasiswanya sebenarnya menunjukkan otoritas lembaga
tanpa memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
memilih atau mengemukakan pendapat. Dengan adanya
layanan be/ajar, suasana demokrasi akan mulai terasa karena
149