Page 155 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 155

Wardani, Proses Pembelajaran dalam  ....



         karena  terlanjur  memiliki  persepsi  yang  keliru.  Kalaupun  mereka
         menyentuh  proses  pembelajaran,  proses  tersebut  mereka
         identikkan  dengan  "membaca  modul",  sehingga  di  kalangan
         mahasiswa  muncul  slogan  "sistem  kebut  semalam  (sks)";  yang
         berarti  bahwa satu  malam sebelum  ujian,  mahasiswa  akan mulai
         membaca  modul  dari  mata  kuliah  yang  ujiannya  akan  mereka
         tempuh.
                 Agar  proses  pembelajaran  PT JJ  dapat  menempati  posisi
         yang  sebenarnya,  perlu  dilakukan  pelurusan  terhadap  konsep
         pembelajaran  PT JJ.  Tulisan  ini,   yang  merupakan  kajian
         eksploratif - reflektif  - deskriptif,  diharapkan  mampu  menembus
         kekeliruan  konsep  yang  selama  1ni  berkembang  di  masyarakat,
         dan  bahkan  mungkin  di  kalangan  pengelola  PT JJ  sendiri.
         Berdasarkan  berbagai  konsep/gagasan  yang  dieksplorasi  dari
         oerbagai   sumber,   serta   dikombinasikan   dengan   refleksi
         pengalaman  sebagai  seseorang  yang  ikut  teriibat  dalam
         penyelenggaraan  PT JJ,  gagasan  mengenai  proses  pembelajaran
         PT JJ  dideskripsikan.  Deskripsi ini  diharapkan mampu  meluruskan
         persepsi  yang  keliru  mengenai  konsep  pembelajaran  PT JJ.  Agar
         pelurusan  konsep  berlangsung  secara  sistematis,  tulisan  ini
         d1bagi  menjadi  tiga  bagian  besar,  yaitu  hakikat  pembelajaran
         PT JJ,  berbagai  modus  pembelajaran  PT JJ,  serta  masalah-
         masalah  yang  dihadapi  dalam  pembelajaran  PT JJ.  Sebagai
         penutup  akan  d1cantumkan  implikasi  konsep  pembelajaran  PT JJ
         bagi lembaga penyelenggara PT JJ.

         B.  Hakikat Pembelajaran di PT JJ

         1.  Pengertian

                 Sesuai  dengan  UU  No  20  Tahun  2003  tentang  Sistem
         Pendidikan  Nasional,  pendidikan  jarak  jauh  dapat  diselenggara-
         kan  pada  semua  jalur,  jenjang,  dan  jenis  pendidikan  dengan



          14-t
   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160