Page 155 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 155
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
karena terlanjur memiliki persepsi yang keliru. Kalaupun mereka
menyentuh proses pembelajaran, proses tersebut mereka
identikkan dengan "membaca modul", sehingga di kalangan
mahasiswa muncul slogan "sistem kebut semalam (sks)"; yang
berarti bahwa satu malam sebelum ujian, mahasiswa akan mulai
membaca modul dari mata kuliah yang ujiannya akan mereka
tempuh.
Agar proses pembelajaran PT JJ dapat menempati posisi
yang sebenarnya, perlu dilakukan pelurusan terhadap konsep
pembelajaran PT JJ. Tulisan ini, yang merupakan kajian
eksploratif - reflektif - deskriptif, diharapkan mampu menembus
kekeliruan konsep yang selama 1ni berkembang di masyarakat,
dan bahkan mungkin di kalangan pengelola PT JJ sendiri.
Berdasarkan berbagai konsep/gagasan yang dieksplorasi dari
oerbagai sumber, serta dikombinasikan dengan refleksi
pengalaman sebagai seseorang yang ikut teriibat dalam
penyelenggaraan PT JJ, gagasan mengenai proses pembelajaran
PT JJ dideskripsikan. Deskripsi ini diharapkan mampu meluruskan
persepsi yang keliru mengenai konsep pembelajaran PT JJ. Agar
pelurusan konsep berlangsung secara sistematis, tulisan ini
d1bagi menjadi tiga bagian besar, yaitu hakikat pembelajaran
PT JJ, berbagai modus pembelajaran PT JJ, serta masalah-
masalah yang dihadapi dalam pembelajaran PT JJ. Sebagai
penutup akan d1cantumkan implikasi konsep pembelajaran PT JJ
bagi lembaga penyelenggara PT JJ.
B. Hakikat Pembelajaran di PT JJ
1. Pengertian
Sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, pendidikan jarak jauh dapat diselenggara-
kan pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan dengan
14-t