Page 152 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 152

Proses Pembelajaran dalam


             Pendidikan Tinggi ]arak ]auh








        -------- t.a. A.  1<-.  w~



        A.  Pengantar

                Pembelajaran  merupakan  komponen  pendidikan  yang
        sangat  besar  peranannya  dalam  mencapai  tujuan  pendidikan.
        Oleh  karena  itu,  mutu  pendidikan  sering  sekali  dikaitkan  dengan
        mutu  pembelajaran.  Mutu  pembelajaran  yang  tinggi  diasumsikan
        akan  menghasilkan  mutu  pendidikan  yang  tinggi  pula.  Meskipun
        masih  banyak  silang  pendapat  mengenai  istilah  pembelajaran,
        tampaknya  dapat disepakati  bahwa  dalam  pembelajaran  terjadi
        interaksi  antara  peserta  didik  dengan  sumber  belajar.  Sumber
        belajar  dapat  berupa  guru/dosen,  perpustakaan,  orang  (nara
        sumber),  internet,  serta  sumber lain  yang  relevan  dengan  bidang
        yang  sedang  dipelajari.  Agar terjadi  interaksi antara  peserta  didik
        dengan    sumber   belajar,   haruslah   ada   fasilitasi,   yang
        memungkinkan  peserta  didik  melakukan  interaksi  secara  terarah
        dan  efektif.  Untuk  tingkat  pendidikan  dasar  dan  menengah,
        fasilitasi  ini  dilakukan  oleh  guru,  sedangkan  untuk  tingkat
        pendidikan tinggi, fasilitasi tersebut dilakukan oleh dosen.
                Fasilitasi  menjadi  sangat  terbatas  dalam  pembelajaran
        yang  berorientasi  kepada  guru  sehingga  interaksi  yang  terjadi
        hampir  sepenuhnya  berlangsung  satu  arah,  yaitu  dari  guru  ke



                                                                 141
   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157