Page 152 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 152
Proses Pembelajaran dalam
Pendidikan Tinggi ]arak ]auh
-------- t.a. A. 1<-. w~
A. Pengantar
Pembelajaran merupakan komponen pendidikan yang
sangat besar peranannya dalam mencapai tujuan pendidikan.
Oleh karena itu, mutu pendidikan sering sekali dikaitkan dengan
mutu pembelajaran. Mutu pembelajaran yang tinggi diasumsikan
akan menghasilkan mutu pendidikan yang tinggi pula. Meskipun
masih banyak silang pendapat mengenai istilah pembelajaran,
tampaknya dapat disepakati bahwa dalam pembelajaran terjadi
interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar. Sumber
belajar dapat berupa guru/dosen, perpustakaan, orang (nara
sumber), internet, serta sumber lain yang relevan dengan bidang
yang sedang dipelajari. Agar terjadi interaksi antara peserta didik
dengan sumber belajar, haruslah ada fasilitasi, yang
memungkinkan peserta didik melakukan interaksi secara terarah
dan efektif. Untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah,
fasilitasi ini dilakukan oleh guru, sedangkan untuk tingkat
pendidikan tinggi, fasilitasi tersebut dilakukan oleh dosen.
Fasilitasi menjadi sangat terbatas dalam pembelajaran
yang berorientasi kepada guru sehingga interaksi yang terjadi
hampir sepenuhnya berlangsung satu arah, yaitu dari guru ke
141