Page 156 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 156

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        berbagai bentuk, modus, dan cakupan yang didukung oleh sarana
        dan  layanan  belajar  serta  sistem  penilaian  yang  menjamin  mutu
        lulusan  sesuai  dengan  standar  nasional  pendidikan  (Pasal  31,
        ayat  1  dan  3).   Sesuai  dengan  ayat  tersebut,  maka  layanan
        belajar   harus   memungkinkan   peserta   didik   menguasai
        kemampuan  yang  ditetapkan  dalam  standar  nasional  jenjang
        serta  program  pendidikan  yang  dimaksud.  Dengan  demikian,
        pembelajaran  dalam  PT JJ  harus  mendapat  perhatian  yang
        sungguh-sungguh   sehingga   layanan   belajar/fasilitasi  yang
        dirancang bagi mahasiswa benar-benar mampu membuat mereka
        bela jar.
               Sebagaimana  sudah  diungkapkan  sebelumnya,  dalam
        proses  pembelajaran  terjadi  interaksi  antara  pebelajar  atau
        peserta  didik  dengan  sumber  belajar.  Oleh  karena  peserta  didik
        terpisah dari pendidik, terjadi atau tidaknya interaksi tersebut lebih
        banyak  tergantung  pada  peserta  didik  sendiri.  Peserta  didik
        benar-benar  mempunyai  otonomi  penuh  atas  proses  belajarnya.
        Dialah  yang  menentukan  apakah  proses  belajar  tersebut  terjadi
        atau  tidak.  Dialah  yang  tahu  apakah  kemampuan  yang
        seharusnya  dikuasai  memang  benar-benar  terkuasai  secara
        mendalam,  atau  hanya  sekadar  untuk  memenuhi  syarat  lulus.
        Dialah  yang  tahu  kapan  dia  harus  belajar,  kapan  dia  harus
        bertemu  teman-temannya,  kapan  harus  berkonsultasi  dengan
        dosennya,  dan  sebagainya.  lnilah  yang  dinamakan  pebelajar
        mandiri  atau  sering  disebut  sebagai  "independent  learner',  yang
        merupakan aspek esensial dalam  pembelajaran di  PT JJ  Namun
        demikian,  pendidik  dan  pengelola  pendidikan  jarak  jauh  bukan
        berarti  lepas tangan.  Mereka harus menyediakan layanan belajar,
        yaitu  berupa  berbagai  kondisi  yang  memungkinkan  peserta  didik
        menggunakan otonominya dalam belajar. Seperangkat bahan ajar
        dan  pedoman  yang  memberi  arah  bagi  peserta  didik  dalam
        melalui  proses  belajarnya  harus  disediakan.  Simpson  (2000)



                                                                145
   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161