Page 148 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 148
PENDIDIKAN TINGGI }ARAK }AUH
memilih format yang tidak tepat, akan membuat program
kaset audio menjadi tidak dapat dimengerti dengan baik dan
akhirnya tidak bermanfaat sama sekali bagi pendengarnya.
G. Simpulan
Dengan memperhatikan macam-macam bentuk interaksi
dan penyajiannya, program kaset audio interaktif harus
dikembangkan secara cermat sesuai dengan rambu-rambu pada
prosedur pengembangan program. Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa tidak ada satu bentuk interaksi dan penyajian
program kaset audio interaktif yang paling baik atau sesuai untuk
segala kebutuhan pembelajaran.
Pada praktiknya saat ini, format penyajian kaset audio
interaktif yang digunakan pada SPJJ terus berkembang. Seperti
yang digunakan Universitas Terbuka di Indonesia, kaset audio
interaktif dikembangkan secara terintegrasi bersama dengan
bahan ajar utama, yaitu buku materi pokok. Artinya, ada materi-
materi tertentu disajikan dalam bentuk audio dan digunakan
berdampingan dengan buku materi pokok.
Dalam pemanfaatannya, pada saat tutorial tatap muka
berlangsung, para tutor bersama-sama mahasiswa memanfaat-
kan kaset audio interaktif untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran, selain digunakan mahasiswa dalam belajar
mandiri. Kaset audio interaktif juga dimanfaatkan sebagai bahan
ujian terutama bagi Program Bahasa lnggris Tampaknya pada
masa depan, kaset audio interaktif akan terus dipertahankan
penggunaannya, karena berbagai pertimbangan yang dapat
menjadi tolok ukur kaset audio interaktif. Yang perlu dipikirkan
adalah kreatifitas perancang untuk memadukan penggunaan
media kaset audio integratif dengan media lain, seperti misalnya
135