Page 146 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 146
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
naskah program audio interaktif, pengembang harus sudah
mempunyai wawasan yang dalam tentang karakteristik program
audio. Selain itu, pengembang yang akan menulis naskah audio
interaktif juga harus menguasai metode stimuli, mengenal tingkat
keterbacaan para pendengar, serta menerapkan gaya yang
menarik dalam mengemas pembelajaran dalam bentuk naskah
audio dan prinsip pedagogis yang kuat.
Agar program kaset audio interaktif yang dikembangkan
dapat dimanfaatkan secara maksimal terutama oleh para
pendengarnya, di bawah ini disajikan beberapa langkah utama
mengembangkan naskah program kaset audio interaktif, yang
dijabarkan oleh Haryono (2003).
1. Menentukan Topik Program dengan Cermat
Kebutuhan para pendengar merupakan hal yang utama
dalam memilih topik program. Topik yang dipilih harus melalui
pertimbangan, seperti perlu tidaknya pendengar memperoleh
informasi yang akan disajikan, serta kebermaknaan topik
yang diangkat untuk program kaset audio interaktif bagi
pendengar.
2 Memperhatikan Karakteristik Para Pendengar
Karakteristik pendengar yang harus dipertimbangkan
sebelum membuat naskah kaset audio adalah usia
pendengar. Usia seseorang akan sangat mempengaruhi
tingkat perkembangan dan daya pikirnya. Program-program
untuk orang dewasa dapat memuat informasi yang lebih
banyak dan lebih rumit. Sebaliknya, program bagi anak-anak,
haruslah lebih pendek dan bervariasi. Latar belakang
pengetahuan atau pengalaman serta tingkat kemampuan
bahasa pendengar juga merupakan karakteristik yang harus
diperhatikan. Bila dipaksakan membuat program audio tanpa
memperhatikan latar belakang pengetahuan dan pengalaman
133