Page 146 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 146

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



         naskah  program  audio  interaktif,  pengembang  harus  sudah
         mempunyai  wawasan  yang  dalam  tentang  karakteristik  program
         audio.  Selain  itu,  pengembang  yang  akan  menulis  naskah  audio
         interaktif juga harus menguasai metode stimuli,  mengenal tingkat
         keterbacaan  para  pendengar,  serta  menerapkan  gaya  yang
         menarik  dalam  mengemas  pembelajaran  dalam  bentuk  naskah
         audio dan prinsip pedagogis yang kuat.
                 Agar  program  kaset  audio  interaktif yang  dikembangkan
         dapat  dimanfaatkan  secara  maksimal  terutama  oleh  para
         pendengarnya,  di  bawah  ini  disajikan  beberapa  langkah  utama
         mengembangkan  naskah  program  kaset  audio  interaktif,  yang
         dijabarkan oleh Haryono (2003).
         1.  Menentukan Topik Program dengan Cermat
             Kebutuhan  para  pendengar  merupakan  hal  yang  utama
             dalam memilih topik program. Topik yang dipilih harus melalui
             pertimbangan,  seperti  perlu  tidaknya  pendengar memperoleh
             informasi  yang  akan  disajikan,  serta  kebermaknaan  topik
             yang  diangkat  untuk  program  kaset  audio  interaktif  bagi
             pendengar.

         2   Memperhatikan Karakteristik Para Pendengar
             Karakteristik   pendengar   yang   harus   dipertimbangkan
             sebelum  membuat  naskah  kaset  audio  adalah  usia
             pendengar.  Usia  seseorang  akan  sangat  mempengaruhi
             tingkat  perkembangan  dan  daya  pikirnya.  Program-program
             untuk  orang  dewasa  dapat  memuat  informasi  yang  lebih
             banyak dan  lebih rumit.  Sebaliknya,  program bagi anak-anak,
             haruslah  lebih  pendek  dan  bervariasi.  Latar  belakang
             pengetahuan  atau  pengalaman  serta  tingkat  kemampuan
             bahasa  pendengar juga  merupakan  karakteristik  yang  harus
             diperhatikan.  Bila  dipaksakan  membuat program  audio  tanpa
             memperhatikan latar belakang  pengetahuan dan  pengalaman


                                                                  133
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151