Page 144 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 144

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH


              pasti,  semua  sasaran  yang  hendak  dituju  belum  tentu  dapat
              mendengarkan siaran tersebut.


          3.  Efektivitas Fungsi Pembelajaran
              Aspek  ini  mengacu  pada seberapa jauh  kaset audio  interaktif
              dapat  berfungsi  untuk  menyampaikan  materi.  Bates  (1995)
              menandai  bahwa  kaset audio  dapat berfungsi  sebagai  materi
              pelengkap  modul,  latihan-latihan  yang  harus  dikerjakan,
              umpan balik bagi kegiatan peserta didik, kegiatan analisis dari
              hasil  interaksi  peserta  didik  dalam  bentuk  rangkuman  atau
              kesimpulan  dan  tindak  lanjut  kegiatan,  serta  prosedur
              melakukan  pengamatan,  terutama  kaset  audio  yang  dapat
              digunakan  secara  terintegrasi  dengan  bahan  belajar  yang
              lain.


          4.  lnteraktivitas
              Keuntungan  menggunakan  kaset  audio,  antara  lain  adanya
             stop  atau  pause  dari  program  kaset,  sehingga  pendengar
             dapat dengan  mudah  berpindah  dari  kaset audio  pada bahan
             belajar  lainnya.  Misalnya,  dalam  pembelajaran  listening  atau
             speaking  pada  Bahasa  lnggris,  yang  menggunakan  kaset
             audio yang  berisikan  materi selain  bahan cetak yang  memiliki
             interaktivitas  sangat  tinggi.  Dari  penelitian  yang  dilakukan
             Traver (Ibrahim,  2003),  disimpulkannya bahwa tutorial  melalui
             saluran  audio  seperti  radio  secara  interaktif  lebih  produktif
             dibandingkan dengan tutorial tatap muka karena peserta didik
             dapat  lebih  menerima  materi  dengan  berkonsentrasi  pada
             audio  saja  jika  menggunakan  kaset  atau  radio.  Sedangkan
             apabila  menggunakan  tutorial  tatap  muka,  perhatian  peserta
             didik terpecah pada fungsi audio dan visual mereka.







                                                                  131
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149