Page 144 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 144
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
pasti, semua sasaran yang hendak dituju belum tentu dapat
mendengarkan siaran tersebut.
3. Efektivitas Fungsi Pembelajaran
Aspek ini mengacu pada seberapa jauh kaset audio interaktif
dapat berfungsi untuk menyampaikan materi. Bates (1995)
menandai bahwa kaset audio dapat berfungsi sebagai materi
pelengkap modul, latihan-latihan yang harus dikerjakan,
umpan balik bagi kegiatan peserta didik, kegiatan analisis dari
hasil interaksi peserta didik dalam bentuk rangkuman atau
kesimpulan dan tindak lanjut kegiatan, serta prosedur
melakukan pengamatan, terutama kaset audio yang dapat
digunakan secara terintegrasi dengan bahan belajar yang
lain.
4. lnteraktivitas
Keuntungan menggunakan kaset audio, antara lain adanya
stop atau pause dari program kaset, sehingga pendengar
dapat dengan mudah berpindah dari kaset audio pada bahan
belajar lainnya. Misalnya, dalam pembelajaran listening atau
speaking pada Bahasa lnggris, yang menggunakan kaset
audio yang berisikan materi selain bahan cetak yang memiliki
interaktivitas sangat tinggi. Dari penelitian yang dilakukan
Traver (Ibrahim, 2003), disimpulkannya bahwa tutorial melalui
saluran audio seperti radio secara interaktif lebih produktif
dibandingkan dengan tutorial tatap muka karena peserta didik
dapat lebih menerima materi dengan berkonsentrasi pada
audio saja jika menggunakan kaset atau radio. Sedangkan
apabila menggunakan tutorial tatap muka, perhatian peserta
didik terpecah pada fungsi audio dan visual mereka.
131