Page 139 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 139
Andayani dan Prabowo, Media Kaset Audio ....
menerapkan bentuk interaksi sesudah program berlangsung dan
setelah siswa-siswa mendengarkan program setiap harinya
selama 30 menit, maka 30 menit selanjutnya mereka diminta
melakukan diskusi bersama guru (Searle, 1976)
Hingga saat ini, program radio dan kaset audio interaktif
yang dikembangkan Universitas Terbuka (UT) menerapkan
beberapa bentuk interaksi pada program-program radio dan kaset
audio, terutama bentuk interaksi langsung pada saat siaran
program radio atau kaset audio berlangsung. Hal ini dimaksudkan
untuk memberikan iklim keakraban saat para mahasiswa
melakukan proses belajar mandiri dengan para tutor atau
pembimbing mereka. Melalui Program kaset audio penuntun buku
materi pokok (BMP) yang dikembangkan oleh UT, bentuk
interaksi terasa ketika presenter meminta para mahasiswa UT
mengerjakan perintah yang terekam dalam kaset audio sambil
mempelajari suatu buku materi pokok. Dari penelitian yang
dilakukan Handayani (2001 ), ditemukan bahwa Audio BMP yang
dirancang dengan pemberian informasi awal dan kesimpulan di
akhir program dapat menjadi efektif bagi mahasiswa UT, terutama
untuk mata kuliah tertentu. Walaupun penelitian tersebut bersifat
studi kasus, program audio BMP cukup prospektif untuk terus
dikembangkan. Selain bentuk Audio BMP, UT juga telah
mengembangkan program kaset audio tutorial dan audio gratis
yang mempunyai tingkat interaksi yang cukup tinggi.
D. Bentuk Penyajian Program Kasel Audio
lnteraktif
Ada dua teknik atau bentuk penyajian materi dalam
bentuk program audio interaktif, yaitu penyajian tertutup dan
terbuka. Pada bentuk penyajian tertutup, para pendengar
diharapkan memberikan satu respon atau jawaban yang benar,
126