Page 138 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 138

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



            menjawab  pertanyaan-pertanyaan  yang  diajukan  di  tengah-
            tengah  program  dengan  cara  mematikan  kaset.  Kadang  kala
            nara sumber yang  memberikan materi program tersebut hadir
            bertatap  muka  saat  pendengar  sedang  berdiskusi  dan
            berinteraksi langsung mendiskusikan materi program.
        6.  Melalui  diskusi  informal  tentang  materi  program,  para
            pendengar  program  kaset  audio  atau  radio  yang  masing-
            rnasing  menyimak dapat didorong  untuk mendiskusikan  topik
            suatu  seri  dengan  keluarga  atau  temannya.  Format  program
            yang  sesuai  untuk  berdiskusi  seperti  ini  adalah  melalui
            program  drama  yang  bahan  diskusinya  diwujudkan  dalam
            suatu  model  drama.  Materi  diskusi  pun  lebih  bersifat aplikatif
            sehingga  merupakan  implementasi  dari  konsep  yang
            dimodelkan dalam drama.
        7   Format  simulasi  pada  program  kaset  audio  atau  radio  dapat
            meningkatkan interaksi pendengarnya.  Dalam format program
            audio  berbentuk  simulasi,  setelah  mendengarkan  program.
            para  pendengar secara  berkelompok didorong  untuk bermain
            peran  seperti  situasi  dalam  program  kaset.  Misalnya  tentang
            keterampilan  berkomunikasi,  bagaimana  para  pendengar
            yang   belum   memiliki   rasa   kepercayaan   din   untuk
            berkomunikasi  secara  formal,  diminta  untuk  bermain  peran
            atau  berakting  sebagai  orang  lain,  untuk  mensimulasikan
            bagaimana  seharusnya  komunikasi  formal  dilakukan.  Akting
            tersebut  meniru  format  drama  dalam  program  audio  yang
            telah  didiskusikan  bersama  dalam  kelompok,  dengan
            bimbingan pemandu (Fossard,  1997).

               lmplementasi  bentuk-bentuk  interaksi  dari  program  radio
        dan  kaset  audio  interaktif  dalam  pembelajaran  melalui  SPJJ
        bervariasi.  01  sekolah  dasar  di  Nikaragua  yang  sudah  akrab
        dengan  penggunaan  radio  dan  kaset  audio  interaktif,  sering



                                                                 125
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143