Page 138 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 138
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di tengah-
tengah program dengan cara mematikan kaset. Kadang kala
nara sumber yang memberikan materi program tersebut hadir
bertatap muka saat pendengar sedang berdiskusi dan
berinteraksi langsung mendiskusikan materi program.
6. Melalui diskusi informal tentang materi program, para
pendengar program kaset audio atau radio yang masing-
rnasing menyimak dapat didorong untuk mendiskusikan topik
suatu seri dengan keluarga atau temannya. Format program
yang sesuai untuk berdiskusi seperti ini adalah melalui
program drama yang bahan diskusinya diwujudkan dalam
suatu model drama. Materi diskusi pun lebih bersifat aplikatif
sehingga merupakan implementasi dari konsep yang
dimodelkan dalam drama.
7 Format simulasi pada program kaset audio atau radio dapat
meningkatkan interaksi pendengarnya. Dalam format program
audio berbentuk simulasi, setelah mendengarkan program.
para pendengar secara berkelompok didorong untuk bermain
peran seperti situasi dalam program kaset. Misalnya tentang
keterampilan berkomunikasi, bagaimana para pendengar
yang belum memiliki rasa kepercayaan din untuk
berkomunikasi secara formal, diminta untuk bermain peran
atau berakting sebagai orang lain, untuk mensimulasikan
bagaimana seharusnya komunikasi formal dilakukan. Akting
tersebut meniru format drama dalam program audio yang
telah didiskusikan bersama dalam kelompok, dengan
bimbingan pemandu (Fossard, 1997).
lmplementasi bentuk-bentuk interaksi dari program radio
dan kaset audio interaktif dalam pembelajaran melalui SPJJ
bervariasi. 01 sekolah dasar di Nikaragua yang sudah akrab
dengan penggunaan radio dan kaset audio interaktif, sering
125