Page 140 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 140
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
sedangkan pada penyajian terbuka, pendengar diharapkan
memberi respon atau jawaban lebih dari satu yang semuanya
bisa benar. Respon pada penyajian terbuka dapat dilaksanakan
dalam kelompok diskusi dengan meminta masing-masing para
pendengar melakukan kegiatan individual setelah mendiskusikan
materi program dalam kelompok pendengar (Gafur, 1993).
Bentuk program yang sesuai dengan teknik penyajian
materi tertutup adalah sebagai berikut.
1. Drill atau latihan.
Tutor atau presenter menyajikan materi, lalu para pendengar
menirukan atau mengulangi apa yang diminta oleh tutor.
Misalnya, presenter atau tutor menjelaskan suatu definisi
kemudian meminta para pendengar untuk mengulangi dengan
kalimat sendiri referensi yang telah dijelaskan tutor tersebut.
Dalam program kaset audio dapat dirancang jeda atau
keadaan diam sejenak dengan menekan tombol pause pada
alat pemutar kaset audio.
2. Cerita.
Materi yang akan disampaikan disajikan dalam bentuk
ilustrasi berupa uraian yang menggambarkan kejadian masa
lalu atau yang akan datang. Pengutaraan cerita tersebut
dengan menggunakan bentuk orang "ketiga". Misalnya, "
Bawang Merah dan Bawang Putih merupakan dua
bersaudara yang memiliki watak yang berlainan ..... Lalu lbu
Bawang Putih berkata " Hai Bawang Putih, cari semua cucian
yang telah engkau hilangkan di sungai hingga ketemu. Awas,
jangan pulang sebelum ditemukanl". Setelah pemaparan
cerita, presenter memberikan beberapa pertanyaan
sehubungan dengan cerita tersebut, dengan meminta
pendengar mengecilkan atau menekan tombol pause pada
kaset audio, kemudian para pendengar memberikan jawaban.
127