Page 142 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 142
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
2. Pembelajaran lnteraktif Terbuka dalam Kelompok.
Bentuk program kaset audio untuk format penyajian seperti ini
adalah dengan memperdengarkan suatu program hingga
selesai, setelah itu meminta para pendengar membentuk
kelompok untuk mendiskusikan isi program. Biasanya materi
program berbentuk penyajian masalah atau kasus yang
meminta penyelesaian dengan menuliskan laporan singkat
setelah terjadi diskusi kelompok (Gafur, 1993).
Teknik penyajian pembelajaran terbuka pada program
kaset audio interaktif dapat dipadukan dengan kegiatan tutorial di
dalam ruangan. Tutor bertindak sebagai supervisor yang
mengawasi kegiatan pembelajaran. Sedangkan teknik penyajian
tertutup dapat digunakan untuk pembelajaran individual di luar
kegiatan tutorial, misalnya pada saat seseorang sedang belajar
mandiri secara individual atau berkelompok.
E. Tolok Ukur Penggunaan Kaset Audio lnteraktif
dalam SPJJ
Pada saat akan menentukan penggunaan kaset audio
sebagai media yang diyakini dapat menumbuhkan iklim interaksi
di antara peserta didik dengan guru, ada beberapa kriteria yang
menjadi pertimbangan untuk menentukan media tersebut dapat
digunakan atau tidak. Di bawah ini akan diulas tentang kriteria
pertimbangan penggunaan media kaset audio interaktif dalam
membantu mahasiswa sebagaimana yang dikemukakan oleh
Bates (1995).
1. Aksesibilitas
Sebagai sebuah media komunikasi, kaset audio sudah sangat
umum dan dikenal secara luas serta digunakan orang hingga
di negara-negara yang masih berkembang sekalipun. Seperti
129