Page 145 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 145
Andayani dan Prabowo, Media Kaset Audio ....
5. Pengorganisasian
Kaset audio merupakan bahan belajar yang relatif mudah
dirancang dan didistribusikan dengan sederhana. Setiap
peserta didik dapat mengatur kaset audio untuk merekam
sumber belajar yang diinginkan. Misalnya, seorang pelajar
asing yang ingin belajar bahasa Indonesia, dapat merekam
percakapan temannya yang berbahasa Indonesia dan
dijadikan bahan untuk berlatih sendiri mengucapkan kalimat
bahasa Indonesia.
6 Kemutakhiran
Untuk era teknologi komunikasi yang menggunakan peralatan
canggih seperti saat ini, kaset audio merupakan media
sederhana, terutama bila penggunaannya tidak dikom-
binasikan dengan media lainnya.
7. Kecepatan
Apabila penggunaan kaset audio interaktif diintegrasikan
dengan bahan ajar cetak seperti modul, maka produksinya
akan tergantung dan ditentukan dari pengembangan bahan
ajar cetak tersebut. sehingga akan menjadi lambat apabila
bahan cetaknya belum siap. Walaupun demikian, apabila ada
perbaikan materi yang harus dilakukan, maka dengan mudah
kaset audio dapat disesuaikan.
F. Prosedur Pengembangan Naskah Kaset Audio
lnteraktif
Program audio yang dikembangkan untuk pendidikan
berisi materi ajar yang harus sesuai dengan kurikulum sehingga
program yang dikembangkan harus disusun sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Menurut Winataputra ( 1993) sebelum menulis
132