Page 145 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 145

Andayani dan Prabowo,  Media  Kaset Audio ....



        5.  Pengorganisasian
            Kaset  audio  merupakan  bahan  belajar  yang  relatif  mudah
            dirancang  dan  didistribusikan  dengan  sederhana.  Setiap
            peserta  didik  dapat  mengatur  kaset  audio  untuk  merekam
            sumber  belajar  yang  diinginkan.  Misalnya,  seorang  pelajar
            asing  yang  ingin  belajar  bahasa  Indonesia,  dapat  merekam
            percakapan  temannya  yang  berbahasa  Indonesia  dan
            dijadikan  bahan  untuk  berlatih  sendiri  mengucapkan  kalimat
            bahasa Indonesia.

        6   Kemutakhiran
            Untuk era teknologi komunikasi yang  menggunakan peralatan
            canggih  seperti  saat  ini,  kaset  audio  merupakan  media
            sederhana,  terutama  bila  penggunaannya  tidak  dikom-
            binasikan dengan media lainnya.


        7.  Kecepatan
            Apabila  penggunaan  kaset  audio  interaktif  diintegrasikan
            dengan  bahan  ajar  cetak  seperti  modul,  maka  produksinya
            akan  tergantung  dan  ditentukan  dari  pengembangan  bahan
            ajar  cetak  tersebut.  sehingga  akan  menjadi  lambat  apabila
            bahan cetaknya  belum siap.  Walaupun demikian, apabila ada
            perbaikan  materi  yang  harus dilakukan,  maka dengan  mudah
            kaset audio dapat disesuaikan.


        F.  Prosedur  Pengembangan  Naskah  Kaset  Audio
            lnteraktif
               Program  audio  yang  dikembangkan  untuk  pendidikan
        berisi  materi  ajar  yang  harus  sesuai  dengan  kurikulum  sehingga
        program yang dikembangkan harus disusun sesuai dengan tujuan
        pembelajaran.  Menurut  Winataputra  ( 1993)  sebelum  menulis



        132
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150