Page 137 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 137

Andayani dan Prabowo,  Media  Kaset Audio  ....



             pendengar    akan    merasa    tertantang   mengevaluasi
             pengetahuan  mereka  sendiri  melalui  kuis,  meskipun  dalam
             kuis  tersebut  tidak  disediakan  hadiah  bagi  yang  menjawab
             benar  karena   dengan  menjawab  benar  saja     sudah
             merupakan    kepuasan    bagi   pendengar.   Pertanyaan-
             pertanyaan dalam kuis harus relevan dan mempunyai bahasa
             yang  sama  dengan  cerita  dalam  program.  Misalnya,  program
             audio  bercerita  tentang  perubahan  bentuk  seorang  wanita
             karena  mengkonsumsi  jamu  maka  pertanyaan  yang  relevan
             adalah  pertanyaan  tentang  perubahan  bentuk  tubuh  wanita,
             bukan dampak dari mengkonsumsi jamu.
          4   Kontes  merupakan  bentuk  interaksi  yang  dapat  dirancang
             dalam  program  kaset audio atau  radio.  Berbeda  dengan  kuis
             yang  tidak  berhadiah.  Pada  kontes,  hadiah  kecil  diperlukan
             agar para  pendengar termotivasi  untuk terlibat  kontes-kontes
             berikutnya.  Bentuk  kontes  melalui  kaset  audio  atau  radio
             dapat  berupa  pertanyaan  berseri,  berkaitan  dengan  materi
             yang  diputarkan  secara  berseri  pula.  Sekali  para  pendengar
             terlibat  dan  mengikuti  kontes  maka  mereka  akan  terus
             mengikuti materi program hingga akhir seri.  Pada  akhir serial,
             dapat dirancang  penarikan  undian  dengan  hadiah  yang  lebih
             besar  untuk  para  pendengar  yang  memberikan  jawaban
             benar melalui surat.
          5.  Mendengarkan  dan  mendiskusikan  materi  program  secara
             kelompok.  Para  pendengar sebuah  program  kaset audio atau
             radio  didorong  untuk  menyimak  sebuah  serial  dalam
            . kelompok  dan  mendiskusikan  jawaban  dari  pertanyaan  yang
             diajukan  bersama-sama.  Sebagai  umpan  balik  terhadap
             Jawaban-jawaban  yang  tidak  langsung  disajikan  pada
             program  kaset  atau  radio  berikutnya,  pemandu  sebagai
             moderator  dapat  mengarahkan  kelompok  tersebut:  kapan
             mereka   harus   berdiskusi   dan   bagaimana   sebaiknya


          124
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142