Page 137 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 137
Andayani dan Prabowo, Media Kaset Audio ....
pendengar akan merasa tertantang mengevaluasi
pengetahuan mereka sendiri melalui kuis, meskipun dalam
kuis tersebut tidak disediakan hadiah bagi yang menjawab
benar karena dengan menjawab benar saja sudah
merupakan kepuasan bagi pendengar. Pertanyaan-
pertanyaan dalam kuis harus relevan dan mempunyai bahasa
yang sama dengan cerita dalam program. Misalnya, program
audio bercerita tentang perubahan bentuk seorang wanita
karena mengkonsumsi jamu maka pertanyaan yang relevan
adalah pertanyaan tentang perubahan bentuk tubuh wanita,
bukan dampak dari mengkonsumsi jamu.
4 Kontes merupakan bentuk interaksi yang dapat dirancang
dalam program kaset audio atau radio. Berbeda dengan kuis
yang tidak berhadiah. Pada kontes, hadiah kecil diperlukan
agar para pendengar termotivasi untuk terlibat kontes-kontes
berikutnya. Bentuk kontes melalui kaset audio atau radio
dapat berupa pertanyaan berseri, berkaitan dengan materi
yang diputarkan secara berseri pula. Sekali para pendengar
terlibat dan mengikuti kontes maka mereka akan terus
mengikuti materi program hingga akhir seri. Pada akhir serial,
dapat dirancang penarikan undian dengan hadiah yang lebih
besar untuk para pendengar yang memberikan jawaban
benar melalui surat.
5. Mendengarkan dan mendiskusikan materi program secara
kelompok. Para pendengar sebuah program kaset audio atau
radio didorong untuk menyimak sebuah serial dalam
. kelompok dan mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang
diajukan bersama-sama. Sebagai umpan balik terhadap
Jawaban-jawaban yang tidak langsung disajikan pada
program kaset atau radio berikutnya, pemandu sebagai
moderator dapat mengarahkan kelompok tersebut: kapan
mereka harus berdiskusi dan bagaimana sebaiknya
124