Page 133 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 133
Andayani dan Prabowo, Media Kaset Audio ....
menyampaikan materi ajar dalam bentuk program kaset audio
atau radio, dan kegiatan tutorial melalui telepon bahkan
konferensi audio.
Sebagai media pembelajaran, pemanfaatan program
kaset audio memungkinkan pemakainya memutar ulang seluruh
isi informasi yang sedang dipelajarinya. Media kaset audio dan
radio merupakan media yang efektif untuk melatih pemahaman
terhadap pesan dan informasi verbal. Selain itu, kombinasi antara
program kaset audio dan media cetak merupakan media
pembelajaran yang cukup efektif (Bates, 1982).
Khusus tentang kaset audio interaktif, Winataputra ( 1993)
memberikan batasan bahwa sifat interaktif dari program kaset
audio merupakan hal yang didesain pada bahan kaset audio yang
direkam yang memungkinkan orang yang belajar dengan
menggunakan program tersebut dapat secara aktif dan terus-
menerus terlibat dalam interaksi dengan instruktur atau tutor.
Alasan dari interaksi yang sengaja dirancang dalam program
kaset audio adalah dasar berpikir tentang hakikat pembelajaran.
Secara pedagogis, pembelajaran yang baik harus selalu bersifat
interaktif. lnteraksi terlihat apabila orang yang memanfaatkan
program kaset audio interaktif memberikan respon segera setelah
mendengarkan program, misalnya dengan menelepon, mengirim
surat, atau mengerjakan tugas yang diminta. Dengan demikian,
untuk mewujudkan interaksi yang berkualitas baik, perlu
dirancang program kaset audio yang memberikan stimulus
kepada orang yang belajar dengan cara memodelkan dan
mengajarkan, harus diciptakan rasa keterlibatan pribadi dan rasa
berada dalam suasana belajar, serta menyeimbangkan antara
faktor pengajaran, penguatan, relaksasi, dan perulangan
sehingga membuat orang yang belajar selalu siaga dan antusias
(Winataputra, 1993)
120