Page 130 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 130
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
interaksi pada SPJJ, yaitu 1) interaksi antara mahasiswa dengan
buku materi pokok, 2) interaksi antara mahasiswa dengan dosen
atau tutor, dan 3) interaksi di antara sesama mahasiswa. Dalam
pelaksanaan ketiga tipe interaksi tersebut, media kaset audio
dapat menjadi sumber atau pelengkap untuk meningkatkan
proses interaksi pembelajaran. lnteraksi antara mahasiswa dan
buku materi pokok terjadi karena bahan belajar dikembangkan
dengan menggunakan prinsip-prinsip pengembangan bahan
belajar mandiri dan bentuk media kaset audio tertentu akan dapat
menunjang efektivitas interaksi yang terjadi. lnteraksi antara
mahasiswa dengan tutor pun dapat terjadi dalam berbagai modus
atau cara, yaitu melalui pertemuan tatap muka atau dengan
bantuan media seperti melalui media kaset audio interaktif.
lnteraksi yang dirancang melalui media kaset audio bisa dilakukan
melalui perancangan berbagai format percakapan yang
digunakan, seperti sapaan kepada mahasiswa yang bertanya
tentang kemajuan belajar mahasiswa. Demikian pula halnya
dengan interaksi antara sesama mahasiswa dapat terwujud
melalui berbagai cara, seperti secara langsung melalui kegiatan
belajar bersama dalam kelompok belajar atau dengan
penggunaan berbagai media bantu, termasuk media kaset audio
yang bersifat interaktif. Heinich, Molenda, & Russel (1996)
berpendapat bahwa penggunaan media audio sebagai kegiatan
tutorial merupakan pendekatan teknologis yang mempunyai
kualitas sama dengan penggunaan buku materi pokok.
Selain argumen di atas, apabila dihubungkan dengan
gaya belajar dan strategi belajar yang dimiliki orang, terdapat tiga
kelompok gaya dan strategi belajar, yaitu 1) visual, 2) auditorial,
dan 3) kinestetik, yang sangat mempengaruhi tingkat interaksi
seseorang dalam menyerap suatu pengetahuan atau pesan.
Sehubungan dengan topik artikel ini, nomor 1 dan nomor 3 tidak
dibahas Orang yang memiliki gaya belajar auditorial bercirikan.
117