Page 130 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 130

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



         interaksi  pada  SPJJ,  yaitu  1)  interaksi antara  mahasiswa dengan
         buku  materi pokok,  2)  interaksi  antara  mahasiswa  dengan  dosen
         atau  tutor,  dan  3)  interaksi  di  antara  sesama  mahasiswa.  Dalam
         pelaksanaan  ketiga  tipe  interaksi  tersebut,  media  kaset  audio
         dapat  menjadi  sumber  atau  pelengkap  untuk  meningkatkan
         proses  interaksi  pembelajaran.  lnteraksi  antara  mahasiswa  dan
         buku  materi  pokok  terjadi  karena  bahan  belajar  dikembangkan
         dengan  menggunakan  prinsip-prinsip  pengembangan  bahan
         belajar mandiri dan  bentuk media kaset audio tertentu akan dapat
         menunjang  efektivitas  interaksi  yang  terjadi.  lnteraksi  antara
         mahasiswa dengan tutor pun  dapat terjadi dalam berbagai modus
         atau  cara,  yaitu  melalui  pertemuan  tatap  muka  atau  dengan
         bantuan  media  seperti  melalui  media  kaset  audio  interaktif.
         lnteraksi yang dirancang melalui media kaset audio bisa dilakukan
         melalui   perancangan   berbagai   format   percakapan   yang
         digunakan,  seperti  sapaan  kepada  mahasiswa  yang  bertanya
         tentang  kemajuan  belajar  mahasiswa.  Demikian  pula  halnya
         dengan  interaksi  antara  sesama  mahasiswa  dapat  terwujud
         melalui  berbagai  cara,  seperti  secara  langsung  melalui  kegiatan
         belajar  bersama   dalam   kelompok   belajar  atau   dengan
         penggunaan  berbagai  media  bantu,  termasuk  media  kaset  audio
         yang  bersifat  interaktif.  Heinich,  Molenda,  &  Russel  (1996)
         berpendapat  bahwa  penggunaan  media  audio  sebagai  kegiatan
         tutorial  merupakan  pendekatan  teknologis  yang  mempunyai
         kualitas sama dengan penggunaan buku materi pokok.
                Selain  argumen  di  atas,  apabila  dihubungkan  dengan
         gaya belajar dan strategi belajar yang  dimiliki orang,  terdapat tiga
         kelompok  gaya  dan  strategi  belajar,  yaitu  1)  visual,  2)  auditorial,
         dan  3)  kinestetik,  yang  sangat  mempengaruhi  tingkat  interaksi
         seseorang  dalam  menyerap  suatu  pengetahuan  atau  pesan.
         Sehubungan  dengan  topik  artikel  ini,  nomor 1 dan  nomor 3 tidak
         dibahas  Orang  yang  memiliki  gaya  belajar  auditorial  bercirikan.



                                                                 117
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135