Page 131 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 131

Andayani dan Prabowo,  Media  Kaset Audio ....



         antara  lain  mudah  terganggu  oleh  keributan,  sering  berbicara
         kepada  diri  sendiri  saat  percakapan,  mengucapkan  apa  yang
         mereka  baca,  senang  membaca  dengan  keras  daripada
         mendengarkan,  lebih  cepat  belajar  dengan  mendengarkan,  dan
         mengingat  sesuatu  yang  sedang  didiskusikan  daripada  dengan
         melihatnya,  suka  berbicara  dan  menjelaskan  sesuatu  secara
         panjang  Iebar,  serta lebih  pandai mengeja dengan keras daripada
         menuliskannya (DePorter dan  Hernacki,  1999).  Dengan demikian,
         untuk  membantu  orang  yang  memiliki  gaya  belajar  yang
         cenderung audiotif, pilihan bahan belajar yang sesuai adalah yang
         dilengkapi dengan bahan terekam atau program siaran.  Selain itu,
         orang  yang  berkecenderungan  audiotif dapat  diberi  kesempatan
         untuk  aktif  dalam  kegiatan  kelompok  (Julaeha  dan  Andayani,
         2002).
                Dari  uraian  tentang  peranan  media  audio,  khususnya
         kaset  audio  dalam  SPJJ  di  atas,  perlu  dilakukan  eksplorasi  yang
         lebih  mendalam terutama tentang  berbagai  bentuk interaksi  pada
         program  kaset  audio,  bentuk  penyajian  program  kaset  audio
         interaktif,  tolok  ukur  penggunaan  kaset  audio  interaktif  dalam
         SPJJ  ditinjau dari kriteria pemilihan media dan teknologi,  prosedur
         pengembangan kaset audio interaktif, serta kesimpulan.


         B.  Batasan Kaset Audio lnteraktif

                Merujuk  pada  definisi  SPJJ  di  atas,  program  pendidikan
         yang  menerapkan  SPJJ  biasanya  memperlihatkan  sesedikit
         mungkin interaksi langsung antara instruktur atau dosen atau tutor
         dengan  orang  yang  belajar.  Dengan  demikian,  media  menjadi
         sangat  berperan  dalam  menyampaikan  pesan  dan  informasi  dari
         sumber kepada orang yang  belajar.







         118
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136