Page 166 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 166
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
supervisor jika dipersyaratkan, dan jika diminta mengirimkan
tugas-tugas atau laporan ke alamat yang sudah ditetapkan.
Pertanyaan dari mahasiswa dan respon dari pendidik
disampaikan melalui korespondensi. Sebagai modifikasi dari
cara ini dapat digunakan media massa cetak, seperti koran,
tabloid, dan majalah. Pertanyaan, tugas, dan jawaban dapat
disampaikan melalui media tersebut, di samping langsung ke
mahasiswa yang bersangkutan. Dengan cara ini, jumlah
mahasiswa yang dapat memanfaatkan komunikasi lewat
media tersebut menjadi semakin banyak.
b. Layanan belajar melalui multimedia.
Bahan ajar cetak yang disediakan bagi mahasiswa dilengkapi
dengan multimedia, seperti kaset audio, kaset video,
Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), atau media
lainnya. Media tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa
sesuai dengan kebutuhannya, sehingga mempunyai fleksi-
bilitas dalam hal waktu, tempat, dan kecepatan. Melalui
berbagai media tersebut, layanan belajar berupa penjelasan
yang lebih akurat, pemecahan berbagai masalah, petunjuk
mengerjakan tugas tertentu, atau peragaan satu keterampilan
yang sedang dipelajari, dapat dihayati oleh mahasiswa.
Namun interaksi antara mahasiswa dan pendidik belum
dimungkinkan melalui multimedia ini.
c. Layanan belajar secara tersiar, baik melalui radio maupun
televisi (TV).
Layanan belajar dalam berbagai bentuk seperti penjelasan
materi tertentu, pengumuman berbagai kegiatan,
pembahasan tugas, atau kiat-kiat belajar tertentu disiarkan
melalui radio dan TV. Berdasarkan tayangan tersebut,
mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan, baik melalui
!55