Page 167 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 167
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
-----------------------------------
telepon maupun secara tertulis untuk dijawab atau dibahas
pada siaran berikutnya. Cara seperti ini pernah digunakan
mahasiswa Program Penyetaraan D II PGSD Daerah
Terpencil yang diselenggarakan atas dasar kerja sama antara
UT dan Pusat Teknologi Komunikasi (Pustekkom). Layanan
secara tersiar diberikan karena kelompok mahasiswa ini tidak
mungkin rnengikuti secara penuh tutorial tatap muka yang
diwajibkan. Pada perkembangan selanjutnya, interaksi
langsung mestinya dapat dilakukan, baik dalam layanan
belajar yang disiarkan lewat radio maupun TV. Namun, hal ini
memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang akurat,
serta dukungan dana yang memadai.
d. Layanan belajar melalui telepon
Layanan ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
melakukan kontak dengan para pendidik/dosen melalui
telepon. sesuai dengan kesepakatan. Dalam hubungan
telepon tersebut dapat dibahas berbagai masalah dalam
pembelajaran, baik yang berhubungan dengan substansi
maupun yang berkaitan dengan administrasi akademik atau
kejelasan panduan belajar. Secara lebih luas layanan melalui
telepon ini dapat dimanfaatkan sebagai "konferensi tete-
audio", yang melibatkan sekelompok mahasiswa yang ingin
berdialog dengan dosen/pendidiknya. Biaya telepon yang
cukup mahal dapat dibagi bersama sehingga tidak
memberatkan mahasiswa. Oleh karena layanan seperti ini
tidak mempunyai fleksibilitas waktu, tempat, dan kecepatan,
maka perencanaan dan pelaksanaan layanan seperti ini
memerlukan kesepakatan dan perhatian khusus. baik dari
pihak pengelola PT JJ, maupun dari mahasiswa.
156