Page 167 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 167

Wardani,  Proses Pembelajaran dalam  ....
                          -----------------------------------


            telepon  maupun  secara  tertulis  untuk  dijawab  atau  dibahas
            pada  siaran  berikutnya.  Cara  seperti  ini  pernah  digunakan
            mahasiswa  Program  Penyetaraan  D  II  PGSD  Daerah
           Terpencil yang  diselenggarakan atas dasar kerja sama antara
            UT  dan  Pusat  Teknologi  Komunikasi  (Pustekkom).  Layanan
            secara tersiar diberikan karena  kelompok mahasiswa ini tidak
            mungkin  rnengikuti  secara  penuh  tutorial  tatap  muka  yang
           diwajibkan.   Pada   perkembangan   selanjutnya,   interaksi
            langsung  mestinya  dapat  dilakukan,  baik  dalam  layanan
            belajar yang disiarkan lewat radio maupun TV.  Namun,  hal ini
            memerlukan  perencanaan  dan  pelaksanaan  yang  akurat,
            serta dukungan dana yang  memadai.

        d.  Layanan belajar melalui telepon
            Layanan  ini  memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa  untuk
            melakukan  kontak  dengan  para  pendidik/dosen   melalui
            telepon.  sesuai  dengan  kesepakatan.  Dalam   hubungan
            telepon  tersebut  dapat  dibahas  berbagai  masalah  dalam
            pembelajaran,  baik  yang  berhubungan  dengan  substansi
            maupun  yang  berkaitan  dengan  administrasi  akademik  atau
            kejelasan  panduan  belajar.  Secara lebih  luas layanan  melalui
            telepon  ini  dapat  dimanfaatkan  sebagai  "konferensi  tete-
            audio",  yang  melibatkan  sekelompok  mahasiswa  yang  ingin
            berdialog  dengan  dosen/pendidiknya.  Biaya  telepon  yang
           cukup  mahal  dapat  dibagi    bersama    sehingga   tidak
            memberatkan  mahasiswa.  Oleh  karena  layanan  seperti  ini
            tidak  mempunyai  fleksibilitas  waktu,  tempat,  dan  kecepatan,
            maka  perencanaan  dan  pelaksanaan  layanan  seperti  ini
            memerlukan  kesepakatan  dan  perhatian  khusus.  baik  dari
            pihak pengelola PT JJ,  maupun dari mahasiswa.







        156
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172