Page 174 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 174

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH



         b.   Tutorial yang Bersifat Latihan dan Penghayatan

                Tutorial  ini  difokuskan  pada  pembentukan  keterampilan
         serta sikap dan  nilai.  Oleh  karena  itu,  tutorial  ini  dapat berbentuk:
        praktikum,  praktek  mengerjakan  sesuatu  dalam  situasi  buatan
         (simulasi),  atau  mengerjakan  sesuatu  dalam  situasi  yang
        sebenarnya.  Mata  kuliah  yang  memerlukan  kegiatan  seperti  ini
        misalnya  llmu  Pengetahuan  Alam,     Komputer,   Pendidikan
        Jasmani,  Seni  Drama,  Tari,  dan  Musik,  serta  Program
        Pengalaman     Lapangan   (PPL),   baik   berupa   melakukan
        penyuluhan,  maupun  latihan  mengajar.  Dalam  kaitan  ini,  peran
        instruktur  dan  supervisor  sangat  penting.  Tanpa  kehadiran
        supervisor, tutorial ini tidak mungkin dilaksanakan.
                Terkait dengan  esensi  kegiatan  ini,  maka  tempat  praktek
        berupa  ruangan  dan  fasilitasnya  harus disediakan.  Laboratorium
        dengan  alat-alatnya,  ruang  latihan  dengan  alat-alat  musik  dan
        seni  lainnya,  lapangan  olah  raga  dan  alat-alat  olah  raga  yang
        diperlukan,  ruang  komputer  dan  perangkat  komputernya,  ruang
        kelas  dengan  siswa  yang  sebenarnya,  merupakan  contoh  dari
        ruang  dan  fasilitas  yang  diperlukan.  Jumlah  ruang  dan  fasilitas
        yang  diperlukan  disesuaikan  dengan  jumlah  mahasiswa  yang
        mengikuti  kegiatan  ini,  atau  ruang  dan  fasilitas  dapat  dijadwal
        penggunaannya.
                Kegiatan  utama dalam tutorial jenis ini  adalah  latihan  dan
        penghayatan,  yang  dilakukan  secara  sistematis.  Artinya,  setiap
        latihan/penghayatan  diikuti  dengan  diskusi  untuk  mengkaji
        kekuatan  dan  kelemahan  peserta  dalam  melaksanakan  latihan
        tersebut.  Dengan  cara  ini,  kesalahan  yang  sama  tidak  akan
        diulangi  pada  latihan  berikutnya.  Oleh  karena  itu,  perancangan
         latihan  dan  penghayatan  harus  dilakukan  secara  cermat,
        sehingga  balikan  yang  didapat  dari  setiap  tahap  dapat
        dimanfaatkan  pada  tahap  berikutnya.  Penampilan  mahasiswa




                                                                 163
   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179