Page 174 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 174
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH
b. Tutorial yang Bersifat Latihan dan Penghayatan
Tutorial ini difokuskan pada pembentukan keterampilan
serta sikap dan nilai. Oleh karena itu, tutorial ini dapat berbentuk:
praktikum, praktek mengerjakan sesuatu dalam situasi buatan
(simulasi), atau mengerjakan sesuatu dalam situasi yang
sebenarnya. Mata kuliah yang memerlukan kegiatan seperti ini
misalnya llmu Pengetahuan Alam, Komputer, Pendidikan
Jasmani, Seni Drama, Tari, dan Musik, serta Program
Pengalaman Lapangan (PPL), baik berupa melakukan
penyuluhan, maupun latihan mengajar. Dalam kaitan ini, peran
instruktur dan supervisor sangat penting. Tanpa kehadiran
supervisor, tutorial ini tidak mungkin dilaksanakan.
Terkait dengan esensi kegiatan ini, maka tempat praktek
berupa ruangan dan fasilitasnya harus disediakan. Laboratorium
dengan alat-alatnya, ruang latihan dengan alat-alat musik dan
seni lainnya, lapangan olah raga dan alat-alat olah raga yang
diperlukan, ruang komputer dan perangkat komputernya, ruang
kelas dengan siswa yang sebenarnya, merupakan contoh dari
ruang dan fasilitas yang diperlukan. Jumlah ruang dan fasilitas
yang diperlukan disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang
mengikuti kegiatan ini, atau ruang dan fasilitas dapat dijadwal
penggunaannya.
Kegiatan utama dalam tutorial jenis ini adalah latihan dan
penghayatan, yang dilakukan secara sistematis. Artinya, setiap
latihan/penghayatan diikuti dengan diskusi untuk mengkaji
kekuatan dan kelemahan peserta dalam melaksanakan latihan
tersebut. Dengan cara ini, kesalahan yang sama tidak akan
diulangi pada latihan berikutnya. Oleh karena itu, perancangan
latihan dan penghayatan harus dilakukan secara cermat,
sehingga balikan yang didapat dari setiap tahap dapat
dimanfaatkan pada tahap berikutnya. Penampilan mahasiswa
163