Page 176 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 176
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
program yang ditawarkan melalui PTTM. Oleh karena itu,
kemampuan praktis seperti keterampilan yang memerlukan
kegiatan praktek, serta penguasaan sikap dan nilai yang
memerlukan penghayatan, semestinya juga dapat dicapai melalui
PT JJ. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 20 Tahun
2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya Pasal 31
ayat 3, yang menyatakan bahwa pendidikan jarak jauh
diselenggarakan dengan mengikuti standar nasional yang sesuai
dengan jenjang dan jenis pendidikan.
Layanan belajar utama yang disediakan oleh
penyelenggara PT JJ adalah bahan ajar dalam bentuk modul. Jika
mahasiswa mampu belajar mandiri, maka dapat diperkirakan
bahwa mereka akan menguasai berbagai pengetahuan yang
disajikan melalui modul tersebut. Namun, bagaimana penguasaan
mahasiswa yang terkait dengan keterampilan dan sikap? lnilah
yang merupakan masalah besar bagi PT JJ. Bagaimana dapat
diyakinkan bahwa PT JJ mampu membentuk kompetensi yang
berkaitan dengan keterampilan dan sikap? Misalnya mampu
menulis artikel ilmiah, mampu berbicara di depan umum, mampu
membuat alat peraga tertentu, menerapkan keterampilan dasar
mengajar di kelas yang sebenarnya, atau membiasakan diri
membaca dan menulis bacaan ringan?
Sehubungan dengan masalah tersebut di atas, sering
muncul pertanyaan yang membuat penyelenggara PT JJ berpikir
keras untuk menjawabnya. Pertanyaan tersebut antara lain
sebagai berikut.
1. Mampukah PT JJ menyediakan layanan bela jar yang
kualitasnya sama dengan pembelajaran tatap muka? Dengan
perkataan lain, mampukah layanan belajar yang dikemas
dengan berbagai cara berperan sebagai guru/dosen yang
baik?
165