Page 176 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 176

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



      program  yang  ditawarkan  melalui  PTTM.  Oleh  karena  itu,
      kemampuan  praktis  seperti  keterampilan  yang  memerlukan
      kegiatan  praktek,  serta  penguasaan   sikap  dan  nilai  yang
      memerlukan  penghayatan,  semestinya juga dapat dicapai melalui
      PT  JJ.  Hal  ini  sesuai  dengan  ketentuan  dalam  UU  No.  20  Tahun
      2003  Tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional,  khususnya  Pasal  31
      ayat  3,  yang  menyatakan  bahwa  pendidikan  jarak  jauh
      diselenggarakan  dengan  mengikuti  standar nasional  yang  sesuai
      dengan jenjang dan jenis pendidikan.
              Layanan   belajar   utama   yang    disediakan   oleh
      penyelenggara PT JJ  adalah  bahan ajar dalam bentuk modul.  Jika
      mahasiswa  mampu  belajar  mandiri,  maka  dapat  diperkirakan
      bahwa  mereka  akan  menguasai  berbagai  pengetahuan  yang
      disajikan melalui modul tersebut.  Namun, bagaimana penguasaan
      mahasiswa  yang  terkait  dengan  keterampilan  dan  sikap?  lnilah
      yang  merupakan  masalah  besar  bagi  PT JJ.  Bagaimana  dapat
      diyakinkan  bahwa  PT JJ  mampu  membentuk  kompetensi  yang
      berkaitan  dengan  keterampilan  dan  sikap?  Misalnya  mampu
      menulis artikel  ilmiah,  mampu  berbicara di  depan  umum,  mampu
      membuat  alat  peraga  tertentu,  menerapkan  keterampilan  dasar
      mengajar  di  kelas  yang  sebenarnya,  atau  membiasakan  diri
      membaca dan menulis bacaan ringan?
              Sehubungan  dengan  masalah  tersebut  di  atas,  sering
      muncul  pertanyaan  yang  membuat  penyelenggara  PT JJ  berpikir
      keras  untuk  menjawabnya.  Pertanyaan  tersebut  antara  lain
      sebagai berikut.
      1.  Mampukah  PT JJ    menyediakan  layanan  bela jar  yang
          kualitasnya sama dengan pembelajaran tatap muka? Dengan
          perkataan  lain,  mampukah  layanan  belajar  yang  dikemas
          dengan  berbagai  cara  berperan  sebagai  guru/dosen  yang
          baik?





                                                               165
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181