Page 175 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 175
Wardani, Proses Pembelajaran dalam ....
selama kegiatan latihan/penghayatan dinilai secara utuh dan
berkesinambungan, sehingga pada akhir latihan atau pertemuan
terakhir mahasiswa akan mendapatkan nilai praktek yang pada
umumnya merupakan porsi terbesar dalam menentukan nilai
mahasiswa untuk mata kuliah tersebut.
Di samping kedua jenis tutorial tatap muka di atas, perlu
dipikirkan layanan belajar yang disebut konseling. Pada dasarnya,
konseling merupakan konsultasi antara mahasiswa dan konselor
(yang dapat diperankan oleh dosen) untuk memecahkan berbagai
masalah. Konseling ini dapat dilakukan dalam bentuk tatap muka
(individual dan kelompok), namun dapat pula dilakukan melalui
jarak jauh melalui koresponden, telepon, dan online. Bagi
mahasiswa PT JJ, konseling dapat merupakan bantuan yang
sangat bermakna, tidak saja dalam menghadapi masalah
akademik, tetapi juga masalah nonakademik.
D. Berbagai Masalah dalam Proses Pembelajaran
Jarak Jauh
Ditinjau dari segi pembentukan kemampuan, pendidikan
jarak jauh lebih sering dikaitkan dengan kawasan kognitif.
Artinya, kemampuan yang dapat dicapai melalui pendidikan jarak
jauh adalah penguasaan pengetahuan. Hal ini terutama dikaitkan
dengan alat ukur penguasaan pengetahuan tersebut yang
sebagian besar terdiri dari tes objektif. Meskipun di samping tes
objektif masih ada alat ukur lain, namun yang muncul dalam
persepsi masyarakat adalah bahwa belajar/menempuh ujian di UT
sama dengan mengerjakan tes objektif, yang kadang-kadang
dapat dilakukan dengan menghitung kancing baju dalam
menebak jawaban yang benar.
Pada kenyataannya, program-program pendidikan yang
ditawarkan melalui PT JJ, tidak jauh berbeda dengan program-
164