Page 200 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 200
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
dan berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian
pada PJJ perlu dilihat dari berbagai sisi secara multidimensional.
Dinarnika dan variasi tingkat kemandirian belajar mahasiswa
harus menjadi pertimbangan bagi lembaga PJJ.
Di satu sisi, PJJ merupakan tempat bagi orang yang
memiliki kemampuan belajar mandiri tinggi untuk memenuhi
kebutuhan belajarnya. Di sisi lain, PJJ menyediakan lingkungan
yang memberi kesempatan kepada seseorang untuk
mengembangkan kemandirian dalam belajar melalui sistem
pendidikan yang menyediakan berbagai materi yang dapat
dipelajari secara mandiri dan melalui interaksi seseorang dengan
lembaga PJJ. Namun, seperti yang telah dibahas sebelumnya,
tidak mudah bagi orang dewasa yang memiliki kemandirian dalam
belajar pada tingkat rata-rata ke bawah untuk meningkatkan
kemandiriannya dalam belajar pada PJJ.
Dari berbagai temuan penelitian, nampaknya potensi
yang diberikan oleh lingkungan dan sistem PJJ bagi
pengembangan kemandirian mahasiswanya perlu ditingkatkan.
Dengan demikian, potensi yang sudah ada tersebut dapat
meningkatkan kemandirian mahasiswa PJJ secara maksimal.
Sesuai dengan definisi belajar mandiri, dengan kondisi
orang yang mempunyai kemampuan belajar mandiri tinggi
cenderung aktif dalam mencari informasi, maka PJJ dapat
melengkapi berbagai akses terhadap informasi bagi
mahasiswanya dengan berbagai cara dan media. Semakin mudah
dan fleksibel mahasiswa dapat akses terhadap informasi, maka
semakin besar pula kesempatan bagi mahasiswa tersebut untuk
mengembangkan kemampuan belajar mandirinya.
Dengan berkembangnya teknologi informasi yang begitu
pesat pada saat ini, tentunya berdampak pula pada dunia
pendidikan termasuk pada sistem PJJ. Teknologi informasi
seakan menghilangkan jarak dan waktu, sehingga memberikan
189