Page 202 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 202
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH
karena sangat bervariasi baik dari segi materi maupun cara
penyajiannya, dari hal yang umum sampai yang spesifik mengacu
pada mata kuliah tertentu. Variasi pengetahuan tentang
keterampilan belajar juga dapat dilakukan dengan mengacu pada
dimensi-dimensi belajar mandiri dan mengacu pada berbagai
pendekatan Melanjutkan contoh tentang tutorial elektronik, maka
bentuk keterampilan belajarnya yang dapat diberikan adalah
dengan memberikan petunjuk cara mengakses tutorial elektronik.
Pemberian petunjuk ini juga harus mempertimbangkan kelompok
mahasiswa yang kemungkinan belum pernah melihat komputer,
sampai mahasiswa yang sehari-harinya bekerja dengan
menggunakan komputer. Contoh lain dari materi keterampilan
belajar adalah cara merangkum modul, cara mengelola waktu
yang efektif, dan lain sebagainya.
Konseling untuk mahasiswa PJJ tidak dapat diabaikan.
Belajar mandiri bukan berarti tidak membutuhkan bantuan orang
lain. Mahasiswa tetap membutuhkan informasi dari yang mereka
anggap lebih ahli, misalnya ingin mengetahui bagaimana strategi
belajar yang baik, urutan mata kuliah yang harus diambil, dan
sebagainya. Pendekatan konseling pada lembaga PJJ
sebenarnya harus lebih baik jika dibandingkan dengan pendidikan
tatap muka. Hal ini sejalan dengan apa yang dinyatakan oleh
Frost ( 1999), bahwa idealnya lembaga harus mengetahui program
yang diambil oleh mahasiswa, selanjutnya lembaga dapat
memberikan arahan tentang metode dan memilih mata kuliah,
dan merencanakan waktu belajar mahasiswa. Dengan demikian
keterlibatan lembaga dapat mendorong mereka untuk memahami
makna dari belajar mandiri.
Akhir kata, peran lembaga PJJ terhadap pengembangan
kemandirian dalam belajar mahasiswa amat diperlukan
mahasiswa, dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, serta
dengan mempertimbangkan dinamika kemandirian
191