Page 202 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 202

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH



         karena  sangat  bervariasi  baik  dari  segi  materi  maupun  cara
         penyajiannya,  dari hal yang  umum sampai yang  spesifik mengacu
         pada  mata  kuliah  tertentu.  Variasi  pengetahuan  tentang
         keterampilan  belajar juga dapat dilakukan dengan  mengacu pada
         dimensi-dimensi  belajar  mandiri  dan  mengacu  pada  berbagai
         pendekatan  Melanjutkan contoh  tentang  tutorial  elektronik,  maka
         bentuk  keterampilan  belajarnya  yang  dapat  diberikan  adalah
         dengan  memberikan  petunjuk cara  mengakses tutorial  elektronik.
         Pemberian  petunjuk  ini juga harus  mempertimbangkan  kelompok
         mahasiswa  yang  kemungkinan  belum  pernah  melihat  komputer,
         sampai   mahasiswa    yang   sehari-harinya   bekerja   dengan
         menggunakan  komputer.  Contoh  lain  dari  materi  keterampilan
         belajar  adalah  cara  merangkum  modul,  cara  mengelola  waktu
         yang efektif, dan lain  sebagainya.
                  Konseling  untuk  mahasiswa  PJJ  tidak  dapat diabaikan.
         Belajar  mandiri  bukan  berarti  tidak  membutuhkan  bantuan  orang
         lain.  Mahasiswa tetap  membutuhkan  informasi  dari  yang  mereka
         anggap  lebih  ahli,  misalnya  ingin  mengetahui  bagaimana  strategi
         belajar  yang  baik,  urutan  mata  kuliah  yang  harus  diambil,  dan
         sebagainya.   Pendekatan   konseling   pada   lembaga    PJJ
         sebenarnya harus lebih  baik jika dibandingkan dengan pendidikan
         tatap  muka.  Hal  ini  sejalan  dengan  apa  yang  dinyatakan  oleh
         Frost ( 1999), bahwa idealnya lembaga harus mengetahui program
         yang  diambil  oleh  mahasiswa,  selanjutnya  lembaga  dapat
         memberikan  arahan  tentang  metode  dan  memilih  mata  kuliah,
         dan  merencanakan  waktu  belajar  mahasiswa.  Dengan  demikian
         keterlibatan  lembaga dapat mendorong  mereka  untuk memahami
         makna dari belajar mandiri.
                Akhir kata,  peran  lembaga  PJJ  terhadap  pengembangan
         kemandirian   dalam   belajar   mahasiswa   amat   diperlukan
         mahasiswa,  dan  dapat  dilakukan  dengan  berbagai  cara,  serta
         dengan      mempertimbangkan       dinamika      kemandirian



                                                                  191
   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207