Page 201 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 201

Darmayanti,  Islam, Asandhimitra,  Kemandirian  Belajar ....



        masukan  sangat  berarti   pada  PJJ,  fasilitas  tersebut  dapat
        memungkinkan  lembaga  PJJ  membantu  mahasiswa  dalam  hal
        penyampaian  pengetahuan  seperti  materi  ajar,  proses  tutorial,
        dan  ujian,  serta  fasilitas  ini  juga  dapat  dipergunakan  untuk
        konseling,   dan  pemberdayaan  sumber-sumber  belajar  seperti
        perpustakaan, dan lain-lainnya.
                Sebagai  contoh,  tutorial  elektronik  atau  tutorial  berbasis
        jaringan  internet  yang  dilaksanakan  oleh  Universitas  Terbuka
        adalah  salah  satu  metode  PJJ  yang  baik  guna  mendekatan
        lembaga  kepada  mahasiswa  tanpa  mahasiswa  terkendala  oleh
        jarak  dan  waktu.  Melalui  tutorial  elektronik  tersebut  mahasiswa
        merasa  terlayani  dan  diperhatikan  kebutuhan  belajarnya.  Usaha
        memberikan  bantuan  belajar  kepada  mahasiswa  yang  tanpa
        terkendala oleh jarak dan waktu perlu  diperbanyak jumlah macam
        dan  jumlah  medianya.  Dengan  demikian,  mahasiswa  memiliki
        berbagai pilihan bantuan sesuai dengan kemampuan mereka.
                Hal  lain  yang  dapat  dilakukan  oleh  lembaga  PJJ  adalah
        mendorong  atau  meningkatkan  mahasiswa  agar  mempunyai
        karakter-karakter  mandiri  seperti  yang  diharapkan  dalam  sistem
        PJJ    Lembaga  PJJ    perlu   melakukan  usaha  bagaimana
        memotivasi  mahasiswanya.  Walaupun  secara  fisik  mahasiswa
        jauh dari  lembaganya,  namun  lembaga  PJJ  harus berupaya  agar
        mahasiswa  merasa  selalu  diperhatikan  sehingga  akan  tumbuh
        kepercayaan  diri  sebagai  mahasiswa  PJJ.  Usaha  memotivasi
        mahasiswa  dapat  dilakukan  dengan  berbagai  cara,  yaitu  salah
        satunya  adalah  meningkatkan  keterampilan  belajar  seperti  yang
        dikemukakan oleh Wright (1989) dalam bagannya pada artikel ini.
        Keterampilan  belajar terutama perlu  diberikan kepada  mahasiswa
        dewasa  yang  telah  berumur  dan  kehilangan  kepercayaan  diri
        karena  telah  lama  meninggalkan  bangku  sekolah  seperti  yang
        dikemukakan    oleh   Wilson   (1997).   Pengetahuan   tentang
        keterampilan  belajar  perlu  dikembangkan  dengan  berbagai  cara,



         190
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206