Page 201 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 201
Darmayanti, Islam, Asandhimitra, Kemandirian Belajar ....
masukan sangat berarti pada PJJ, fasilitas tersebut dapat
memungkinkan lembaga PJJ membantu mahasiswa dalam hal
penyampaian pengetahuan seperti materi ajar, proses tutorial,
dan ujian, serta fasilitas ini juga dapat dipergunakan untuk
konseling, dan pemberdayaan sumber-sumber belajar seperti
perpustakaan, dan lain-lainnya.
Sebagai contoh, tutorial elektronik atau tutorial berbasis
jaringan internet yang dilaksanakan oleh Universitas Terbuka
adalah salah satu metode PJJ yang baik guna mendekatan
lembaga kepada mahasiswa tanpa mahasiswa terkendala oleh
jarak dan waktu. Melalui tutorial elektronik tersebut mahasiswa
merasa terlayani dan diperhatikan kebutuhan belajarnya. Usaha
memberikan bantuan belajar kepada mahasiswa yang tanpa
terkendala oleh jarak dan waktu perlu diperbanyak jumlah macam
dan jumlah medianya. Dengan demikian, mahasiswa memiliki
berbagai pilihan bantuan sesuai dengan kemampuan mereka.
Hal lain yang dapat dilakukan oleh lembaga PJJ adalah
mendorong atau meningkatkan mahasiswa agar mempunyai
karakter-karakter mandiri seperti yang diharapkan dalam sistem
PJJ Lembaga PJJ perlu melakukan usaha bagaimana
memotivasi mahasiswanya. Walaupun secara fisik mahasiswa
jauh dari lembaganya, namun lembaga PJJ harus berupaya agar
mahasiswa merasa selalu diperhatikan sehingga akan tumbuh
kepercayaan diri sebagai mahasiswa PJJ. Usaha memotivasi
mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu salah
satunya adalah meningkatkan keterampilan belajar seperti yang
dikemukakan oleh Wright (1989) dalam bagannya pada artikel ini.
Keterampilan belajar terutama perlu diberikan kepada mahasiswa
dewasa yang telah berumur dan kehilangan kepercayaan diri
karena telah lama meninggalkan bangku sekolah seperti yang
dikemukakan oleh Wilson (1997). Pengetahuan tentang
keterampilan belajar perlu dikembangkan dengan berbagai cara,
190