Page 55 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 55
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
Walaupun demikian, beberapa kompetensi yang dirumuskan di
46
dalam buku ini memiliki kesamaan dengan kedua tipologi tersebut
tetapi dengan maksud, tujuan, dan pemaknaan yang berbeda.
Kompetensi-kompetensi yang dirumuskan di dalam buku ini juga lebih
terbatas, karena tidak dirumuskan berdasarkan rincian substantif dari
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan yang terdapat di dalam kurikulum
PIPS, sehingga jumlahnya tidak sebanyak butir-butir kompetensi
kewarganegaraan yang berhasil diidentifikasi misalnya oleh Winataputra
(2001a), atau identifikasi kompetensi seperti di dalam berbagai
kepustakaan PIPS.
Dasar pemikiran utama di dalam menyusun tipologi dan jenis
kompetensi PIPS di dalam buku ini adalah “kemampuan-kemampuan
dasar alamiah” (native capacities, natural capabilities) yang sudah
dimiliki siswa untuk mengembangkan jatidirinya sebagai makhluk
personal, sosiokultural, dan intelektual. Dengan demikian, kompetensi-
kompetensi yang dirumuskan di dalam buku ini benar-benar bersifat
“mendasar” bagi siswa dalam upaya membentuk dan membangun
sendiri struktur pengetahuan/pengertian, keterampilan, nilai, sikap,
dan tindakannya baik dalam konteks kehidupan pribadi, sosial, dan
kultural; serta menjadi bagian integral dalam setiap ikhtiar siswa untuk
membangun dan mengembangkan identitas, karakter, atau jatidirinya
sebagai makhluk personal, sosiokultural dan intelektual.
Dengan kata lain, kompetensi yang dimaksudkan di dalam studi
ini lebih dimaknai sebagai “karakter”, atau dalam konteks KBK berarti
“Kurikulum Berbasis Karakter”, bukan dalam pengertian kompetensi
yang dipahami selama ini. Dengan sifatnya yang “mendasar”,
kompetensi-kompetensi yang dirumuskan di dalam studi ini diyakini
kenyal dan terbuka terhadap berbagai perubahan kurikulum yang
niscaya tak terhindarkan.
Kompetensi-kompetensi atau kemampuan-kemampuan dasar
PIPS (social studies competencies) yang dapat dirumuskan di dalam
studi ini mencakup tiga dimensi pengembangan, yaitu: (1) kompetensi-
kompetensi personal; (2) kompetensi-kompetensi sosial, dan (3)
kompetensi-kompetensi intelektual.
B. KOMPETENSI PENDIDIKAN IPS
1. Kompetensi Personal
Kompetensi personal adalah kompetensi yang bertujuan
membentuk dan mengembangkan kepribadian-dirinya sebagai makhluk
personal atau individu yang merupakan hak dan tanggungjawab