Page 50 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 50

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

            38      No.    Subkomponen            Pernyataan Praktik Terbaik
                    4.  Sistem komunikasi   (23)  Institusi  mempertimbangkan  minat  dan
                        dan pengambilan       kebutuhan peserta didik dan staf dalam proses
                        keputusan             pengambilan keputusan.
                                        (24)   Institusi memiliki sistem komunikasi yang efektif
                                              untuk calon ataupun peserta didik yang ada, staf
                                              pendukung, dan tutor.
                    5.  Sistem layanan   (25)   Institusi memastikan  pemberian bea peserta
                        kemahapeserta-        didik dan bantuan keuangan yang adil dan tidak
                        didikan               diskriminatif bagi seluruh pesera didik.
                                        (26)   Institusi  memiliki  pedoman yang jelas untuk
                                              memberikan layanan peserta didik.
                                        (27)   Institusi menangani pertanyaan, aplikasi untuk
                                              penerimaan, dan keluhan calon ataupun peserta
                                              didik dengan cepat.
                    6.  Prasarana dan sarana (28)   Institusi  terus meningkatkan  prasarana dan
                                              sarananya.
                                        (29)   Institusi memiliki pedoman untuk identifikasi dan
                                              pengadaan fasilitasnya.
                                        (30)   Institusi memastikan bahwa staf dilatih untuk
                                              mengembangkan dan menyampaikan program,
                                              menggunakan  fasilitas  dan  teknologi,  serta
                                              terus meningkatkan kinerja mereka.
                                        (31)   Institusi  memiliki  sistem  yang efektif  untuk
                                              mengelola dan memelihara peralatan dan
                                              fasilitasnya.
                    7.  Sistem penjaminan   (32)   Institusi  memiliki  sistem  yang efektif  untuk
                        mutu internal         meminta  umpan balik dari para pemangku
                                              kepentingan secara teratur agar meningkatkan
                                              program-programnya.
                                        (33)   Institusi memiliki sistem penjaminan mutu yang
                                              terintegrasi untuk program dan pelaksanaannya.
                                        (34)   Institusi  melakukan  penilaian  mandiri secara
                                              teratur dan menggunakan hasilnya untuk
                                              meningkatkan  mutu proses operasional dan
                                              programnya.
                   II.   Desain Program dan Pengembangan Kurikulum
                    1.  Desain program    (35)   Institusi  merancang program berdasarkan
                                                penilaian kebutuhan spesifik peserta didik.
                                          (36)   Institusi berkonsultasi dengan para ahli dan
                                                mempertimbangkan  kepentingan pemangku
                                                kepentingan ketika merancang program.
                                          (37)   Institusi  mengevaluasi  program-programnya
                                                secara berkala.
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55