Page 46 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 46
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
(5) Asesmen Hasil Belajar dan Evaluasi
34
Penilaian adalah aspek penting dalam proses belajar mengajar sehingga
harus dikelola dengan baik dan mencerminkan standar eksternal.
Penilaian mutu tentang penilaian hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran jarak jauh harus mencakup variabel-variabel yang
berkaitan dengan kebijakan institusi tentang penilaian, perencanaan
dan produksi bahan penilaian, administrasi penilaian, pengolahan hasil
penilaian, serta diseminasi dan pemanfaatan hasil penilaian. Institusi
PJJ harus memastikan bahwa pembelajaran peserta didik dinilai secara
efektif.
(6) Infrastruktur, Media, dan Sumber Belajar
Institusi PJJ harus memastikan bahwa berbagai media digunakan secara
efektif untuk memfasilitasi proses belajar peserta didik. Pemilihan dan
penerapan media harus mencerminkan kebutuhan belajar mengajar
secara tepat. Secara khusus, pilihan media harus didasarkan pada
pengetahuan tentang latar belakang dan kemampuan peserta didik dan
pendidik, kebutuhan dalam penyampaian materi/konten, akses peserta
didik ke teknologi terkait, desain pedagogis, dan keterbatasan media
yang dipilih.
(7) Sumber Daya Manusia
Institusi PJJ harus mampu memastikan kepemilikan sumber daya
manusia yang kompeten dan berkualitas untuk mengoperasikan
penyediaan PJJ yang berkualitas. Institusi harus menetapkan program
pengembangan staf yang dapat membantu staf melakukan tugas
mereka secara efektif.
(8) Profil Pelajar dan Peserta Didik
Menjamin mutu bagi pelayanan kepada peserta didik PJJ mencakup
variabel yang berkaitan dengan kesadaran peserta didik, basis data
peserta didik, harapan peserta didik, informasi tentang peserta didik,
khususnya tentang latar belakang dan kebutuhan peserta didik yang
berbeda, hubungan erat antara institusi dan peserta didik, partisipasi
peserta didik dalam proses pengambilan keputusan, konseling karier,
dan dukungan pencarian kerja. Institusi pendidikan jarak jauh harus
memastikan bahwa kebutuhan peserta didik terpenuhi dengan
memuaskan.