Page 46 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 46

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
                  (5)  Asesmen Hasil Belajar dan Evaluasi
            34
                  Penilaian adalah aspek penting dalam proses belajar mengajar sehingga
                  harus dikelola dengan baik dan mencerminkan standar eksternal.
                  Penilaian mutu tentang penilaian hasil belajar peserta didik dalam
                  pembelajaran jarak jauh harus mencakup variabel-variabel yang
                  berkaitan dengan kebijakan institusi tentang penilaian, perencanaan
                  dan produksi bahan penilaian, administrasi penilaian, pengolahan hasil
                  penilaian, serta diseminasi dan pemanfaatan hasil penilaian. Institusi
                  PJJ harus memastikan bahwa pembelajaran peserta didik dinilai secara
                  efektif.


                  (6)  Infrastruktur, Media, dan Sumber Belajar
                  Institusi PJJ harus memastikan bahwa berbagai media digunakan secara
                  efektif untuk memfasilitasi proses belajar peserta didik. Pemilihan dan
                  penerapan media harus mencerminkan kebutuhan belajar mengajar
                  secara tepat. Secara khusus, pilihan media harus didasarkan pada
                  pengetahuan tentang latar belakang dan kemampuan peserta didik dan
                  pendidik, kebutuhan dalam penyampaian materi/konten, akses peserta
                  didik ke teknologi terkait, desain pedagogis, dan keterbatasan media
                  yang dipilih.

                  (7)  Sumber Daya Manusia
                  Institusi PJJ harus mampu memastikan kepemilikan sumber daya
                  manusia yang kompeten dan berkualitas untuk mengoperasikan
                  penyediaan PJJ yang berkualitas. Institusi harus menetapkan program
                  pengembangan staf yang dapat membantu staf melakukan tugas
                  mereka secara efektif.


                  (8)    Profil Pelajar dan Peserta Didik
                  Menjamin mutu bagi pelayanan kepada peserta didik PJJ mencakup
                  variabel yang berkaitan dengan kesadaran peserta didik, basis data
                  peserta didik, harapan peserta didik, informasi tentang peserta didik,
                  khususnya tentang latar belakang dan kebutuhan peserta didik yang
                  berbeda, hubungan erat antara institusi dan peserta didik, partisipasi
                  peserta didik dalam proses pengambilan keputusan, konseling karier,
                  dan dukungan pencarian kerja. Institusi pendidikan jarak jauh harus
                  memastikan bahwa kebutuhan peserta didik terpenuhi dengan
                  memuaskan.
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51