Page 49 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 49

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

           No.    Subkomponen             Pernyataan Praktik Terbaik    37
            7.  Komitmen terhadap   (12)  Institusi  memiliki  pernyataan komitmen secara
                peserta didik       eksplisit  tentang penyediaan  layanan unggul
                                    kepada peserta didik.
                                (13)  Institusi  memiliki  pernyataan  kebijakan  yang
                                    jelas tentang perlakuan nondiskriminatif dalam
                                    memberikan pelayanan dan melaksanakan semua
                                    kegiatan,  termasuk  penerimaan,  pendaftaran,
                                    dan lama studi kepada seluruh peserta didik
                                    tanpa membedakan jenis kelamin ataupun lokasi
                                    geografis.
          I.   Manajemen Internal
            1.  Sistem pemasaran   (14)   Institusi melakukan kegiatan kehumasan
                dan promosi          melalui berbagai media.
                                (15)   Institusi bekerja sama dengan lembaga lain
                                     dalam dan/atau luar negeri yang relevan.
                                (16)   Institusi  menyediakan  sistem  admisi  dan
                                     registrasi  yang  efisien,  adil,  dan  ramah
                                     pengguna.
            2.  Sistem manajemen   (17)   Institusi memelihara sistem pencatatan peserta
                untuk institusi      didik yang efisien dan aman untuk menyediakan
                                     layanan  akademik  dan  administrasi  serta
                                     dukungan dalam pengambilan keputusan.
                                (18)   Institusi  memiliki  pedoman  untuk  persiapan,
                                     pemrosesan, dan pemberitahuan hasil ujian dan
                                     asesmen lainnya.
                                (19)   Institusi melakukan evaluasi sistematis terhadap
                                     program-programnya.
                                (20)   Institusi  memiliki  sistem  untuk memastikan
                                     bahwa penilaian  dan umpan balik  dikelola
                                     dengan cepat dan adil.
            3.  Sistem manajemen   (21)  Institusi  memberikan  pedoman  untuk
                untuk pembelajaran   pengembangan,  penyampaian,  evaluasi,  dan
                                     penjaminan mutu program dan materi PJJ.
                                (22)   Institusi memastikan bahwa peserta didik dapat
                                     mengakses  program dan materi PJJ dengan
                                     mudah.
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54